Tahun 2024, Ada Rp159 Miliar Lebih untuk Pembangunan dan Pemeliharaan Jalan di Brebes

Tahun 2024, Ada Rp159 Miliar Lebih untuk Pembangunan dan Pemeliharaan Jalan di Brebes

Salah seorang pengendara melintasi jalan Kecipir yang kondisinya rusak. Tahun ini, ruas jalan tersebut bakal diperbaik.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) bakal melakukan sejumlah perbaikan jalan di kota bawang merah tersebut. Total, ada anggaran Rp159.074.601.946 untuk pembangunan dan pemeliharaan jalan di Brebes.

Rencana dan anggaran pembangunan dan pemeliharaan jalan di Brebes itu disampaikan oleh Kepala Bidang Bima Marga (BM) Agus Pramono saat dikonfirmasi, Jumat 23 Feberuari 2024.

Agus menyebutkan, untuk tahun ini anggaran pembangunan dan pemeliharaan jalan di Brebes mencapai Rp159.074.601.946. Total anggaran itu tersebar di beberapa titik di kabupaten.

"Kalau untuk total anggaran perbaikan dan pemeliharaan itu ada sekitar Rp159.074.601.946. Itu tersebar di beberapa titik," jelasnya terkait rencana pembangunan dan pemeliharaan jalan di Brebes tahun ini.

BACA JUGA: Tangani Jalan Brebes-Tegal yang Amblas, Ganjar: Saya Upload Terus di Medsos Semuanya Progres Itu

Agus menambahkan, salah satu ruas jalan yang alan dilakukan perbaikan yakni ruas Tengguli-Luwunggede di Kecamatan Tanjung. Total anggaran untuk perbaikan ruas jalan tersebut kurang lebih mencapai Rp7,6 miliar.

"Selain di ruas jalan tersebut, ada juga ruas Jalan Kecilir-Blangko, Desa Kecipir, Kecamatan Losari melalui DAK sebesar Rp8 milir. Dan Kecipir-Blangko ruas 149 sebesar Rp2,5 miliar," lanjutnya.

Meski anggaran pembangunan dan pemeliharaan jalan di Brebes terbatas, pihaknya akan terus memaksimalkan perbaikan yang ada di Kabupaten Brebes.

"Tentu dengan anggaran yang ada kami akan memaksimalkannya untuk perbaikan jalan kabupaten," tukasnya.

BACA JUGA: Minta Perbaikan Jalan, Warga Brebes Keluhkan Jalan yang Rusak ke Anggota DPRD

Sebelumnya diinformasikan, jumlah panjang jalan rusak di Kabupaten Brebes hingga saat ini masih cukup panjang. Dari data Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Brebes mencatat total ada 884.885 kilometer (KM) kondisi jalan kabupaten rusak.

Kepala Bidang Bina Marga (BM) DPU Kabupaten Brebes Agus Pramono menyampaikan, hingga 2024 ini total ada 884.885 KM kondisi jalan di Brebes rusak. Jumlahnya tersebut terbagi kondisi jalan rusak sedang, ringan dan berat.

"Total itu ada 884.885 KM jalan di Brebes kondisinya rusak. Baik rusak ringan, sedang dan berat," ujarnya, Senin 19 Februari 2024.

Agus menyebutkan, data di atas merupakan hasil survei pada 2023 lalu. Total jalan kabupaten di kota bawang merah sendiri mencapai 1.210.194 KM. Dengan rincian, 352.309 KM kondisinya baik.

Sumber: