9 Cara Merawat Smart TV agar Awet Bertahun- tahun dan Tidak Mudah Rusak

9 Cara Merawat Smart TV agar Awet Bertahun- tahun dan Tidak Mudah Rusak

Cara merawat smart tv agar awet bertahun-tahun --Freepik

RADAR TEGAL - Smart TV adalah barang elektronik yang saat ini menjadi kebutuhan di setiap rumah untuk memberikan banyak hiburan. Untuk memastikan smart TV Anda bertahan lama mesti tahu cara merawat smart TV.

 

Dengan mengetahui cara merawat smart TV hal ini bertujuan agar perangkat awet hingga bertahun-tahun. Selain itu tentunya tidak mudah rusak.

 

Cara merawat smart TV ini ternyata sederhana dan mudah dilakukan di rumah. Karena itu Anda mesti praktekkan sekarang juga.

 

Lalu bagaimana cara merawat smart TV yang benar, agar pesawat televisinya awet dan tidak mudah rusak? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

BACA JUGA:Rekomendasi Smart TV 32 Inch Murah Mulai Rp2 Jutaan, Desain Layar Tipis dan Gambar Resolusi 4K

Cara merawat smart TV supaya awet dan tak cepat rusak

1. Pilih Kabel yang Berkualitas Baik

 

Karena ini adalah Smart TV kemungkinan besar TV tersebut terhubung ke beberapa perangkat seperti sistem audio multi saluran, konsol game, dekoder atau pemutar media. Baik itu kabel HDMI, kabel audio optik atau kabel AV analog, pastikan kabel tersebut berkualitas tinggi. 

 

Jadi bagaimana cara memastikan kabel berkualitas baik? Periksa fitur-fitur ini:

 

  • Kabel tidak boleh kaku dan harus mudah ditekuk

  • Konektornya harus kuat dan terbuat dari logam

  • Kabel harus memiliki tanda sertifikasi yang jelas

 

2. Jauhkan dari Tumpahan Air 

 

Menjauhkan cairan seperti air atau minuman ringan dari Smart TV anda akan mencegah korsleting dan kerusakan lain yang disebabkan oleh tumpahan cairan tersebut.

BACA JUGA: Spesifikasi Smart TV LG Layar 50 Inch Resolusi 4K UHD 50UR9050PSK, Harga Rp8 Jutaan Kualitas Handal

3. Jangan Simpan Smart TV di Bawah Sinar Matahari Langsung

 

Sinar matahari dapat merusak komponen internal di smart TV, jadi sebaiknya dijauhkan dari paparan sinar matahari langsung.

 

4. Bersihkan Smart TV secara Rutin

 

Supaya TV awet bertahun-tahun dan tidak mudah hal paling penting adalah membersihkannya secara rutin. Saat membersihkan layar TV pastikan mengikuti beberapa tahapan ini :

 

  • Bersihkan menggunakan kain microfiber yang bersih agar layar tidak tergores oleh debu dan kotoran

  • Jangan gunakan bahan kimia kuat untuk membersihkan layar

  • Jangan menyemprotkan air atau cairan kimia langsung ke layar TV.

  • Gunakan kain lembab untuk membersihkan body TV lalu bersihkan kembali menggunakan kain microfiber kering.

 

5. Lindungi Remote Control Menggunakan Penutup

 

Gunakan penutup silikon untuk menutup remot kontrol hal ini memastikan agar saat remot terjatuh, tombol tidak mengalami kerusakan.

BACA JUGA: Gak Usah ke Bioskop, 7 Smart TV 50 Inch Harga 2 Jutaan Ini Pas untuk Ruang Keluarga

6. Mematikan Smart TV saat Tidak Ditonton

 

Mematikan Smart TV saat tidak digunakan akan membantu menghemat listrik dan bisa membuat perangkat awet hingga bertahun-tahun.

 

7. Gunakan Pelindung Lonjakan Arus

 

Perlindungan lonjakan akan melindungi TV Anda dari lonjakan listrik yang disebabkan oleh badai atau pemadaman listrik yang mendadak. Hal ini dapat membantu memperpanjang umur TV Anda dan melindunginya dari kerusakan.

 

8. Perbarui Perangkat Lunak secara Berkala

 

Kemudian cara merawat Smart TV pastikan Anda memperbarui perangkat lunak secara berkala. Pembaruan perangkat lunak dapat membantu menjaga Smart TV Anda berjalan dengan lancar dan aman. Namun pastikan anda memeriksa pembaruan perangkat lunak secara rutin dan menginstalnya jika perlu.

 

9. Gunakan Pelindung Layar

 

Menggunakan pelindung layar pada Smart TV Anda adalah cara terbaik untuk melindungi layarnya dari goresan, debu dan kotoran lain yang dapat menumpuk dengan seiring waktu. Hal ini juga merupakan cara yang terbaik untuk mengurangi silau matahari dan mengurangi pantulan saat menonton film atau acara TV.

BACA JUGA: Penyebab Smart TV Panasonic Lebih Awet dari Smart TV Lain, Bukan Cuma Sistem Operasinya Lebih Mudah

Dengan mengikuti beberapa  cara merawat Smart TV di atas akan membantu memastikan televisi Anda awet hingga bertahun-tahun, sehingga bisa menghemat uang dalam jangka panjang.  Demikian pembahasan artikel tentang cara merawat Smart TV, semoga bermanfaat. (*)

Sumber: