5 Trik Saat Menghadapi DC Lapangan Pinjol, Paling Penting Jangan sampai Kena Mental Duluan

5 Trik Saat Menghadapi DC Lapangan Pinjol, Paling Penting Jangan sampai Kena Mental Duluan

syarat menghadapi dc lapangan pinjol secara resmi--

RADAR TEGAL - Pinjol memang jadi solusi untuk memenuhi kebutuhan mendesak. Namun bisa juga menjadi masalah saat nasabah gagal bayar. Inilah syarat menghadapi DC lapangan pinjol secara resmi.

DC lapangan pinjol resmi OJK biasanya melakukan penagihan ke rumah debitur yang mengalami kemacetan cicilan atau gagal bayar. Biasanya, DC lapangan pinjol resmi OJK datang ke rumah apabila waktu keterlambatan lebih dari 2-3 bulan.

Beberapa aplikasi pinjaman online yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki tim penagih utang atau yang kerap disebut DC lapangan. Meski begitu para nasabah jangan takut, karena ada syarat menghadapi penagihan DC lapangan pinjol secara resmi.

Dengan mengetahui syarat menghadapi penagihan DC lapangan pinjol secara resmi, Anda dapat terhindar dari debt collector gadungan menagih secara paksa dan tidak beretika. Simak penjelasannya.

BACA JUGA: Nasabah Galbay Wajib Baca, Ini Jam Penagihan DC Lapangan, Catat Agar Bisa Menghindar saat Tak Mampu Bayar

Trik jitu menghadapi penagihan DC lapangan pinjol

1. Minta Tunjukkan Kartu Sertifikasi Profesi

Syarat pertama menghadapi penagihan DC lapangan pinjol secara mendadak yaitu meminta surat resmi dari sertifikasi APPI atau Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia. Tujuannya adalah penagih utang bisa menunjukkan bukti aktivitas profesinya.

2. Cari Tahu Surat Kuasa Penagihan Jika Ada Penyitaan Barang

Surat kuasa merupakan bukti barang sitaan imbas penunggakan pembayaran bisa diambil. Surat ini wajib diterbitkan oleh penyedia pinjol tempat mengajukan pinjaman.

3. Jelaskan Alasan Keterlambatan dengan Jujur

Jelaskan secara baik alasan utang terlambat atau menunggak dibayar. Tambahkan juga kalian akan menghubungi pihak pemberi pinjaman mengenai utang tersebut.

BACA JUGA: 5 Pelanggaran DC Lapangan Pinjol saat Menagih Pinjaman yang Tidak Disadari Nasabah

Perlu diingat jangan menjanjikan apapun pada debt collector hanya untuk memperpanjang masa penangguhan pinjaman. Karena bisa membuat proses penagihan menjadi makin rumit.

Sumber: