Cara Ampuh Menghilangkan Jejak dari Debt Collector, Segera Lakukan Agar Tak Dikejar Lagi

 Cara Ampuh Menghilangkan Jejak dari Debt Collector, Segera Lakukan Agar Tak Dikejar Lagi

Ilustrasi. Sudah pindah rumah baru tapi DC tetap datang. Begini cara menghilangkan jejak dari debt collector pinjol --Tangkap layar YouTube Galbay Santai Official

RADAR TEGAL - Meskipun Anda telah pindah ke rumah baru terkadang debt collector pinjol masih bisa datang loh. Tapi tenang karena terdapat cara ampuh menghilangkan jejak dari debt collector.

 

Cara ampuh menghilangkan jejak dari debt collector ini bisa saja dicari oleh masyarakat yang merasa penagihannya sudah sangat mengganggu. Tentunya hal ini berdampak negatif pada mental kita yang terus-menerus diteror oleh debt collector.

 

Lalu bagaimana cara ampuh menghilangkan jejak dari debt collector? Anda mesti simak langkah-langkah penjelasan pada artikel ini supaya paham.

 

Karena di dalam artikel ini akan memberikan informasi tentang cara ampuh menghilangkan jejak dari debt collector. Meskipun Anda pindah ke rumah baru nantinya tidak akan terdeteksi.

BACA JUGA:4 Dampak Menggunakan Pinjol Ilegal, Salah Satunya Bunga Bisa Membengkak

Dikutip dari kanal YouTube Galbay Santai Official menjelaskan cara ampuh menghilangkan jejak dari debt collector ini dengan cara mengubah pengaturan di HP kita. 

 

“ Mungkin buat kalian bisa mengecek pada aplikasi pinjol tersebut apakah masih berstatus aktif mengizinkan untuk mengakses lokasi di handphone Anda. Jadi ada dua kemungkinan itu yang membuat Anda terdeteksi oleh pihak pinjol walaupun sudah pindah rumah baru atau pindah domisili” ujarnya.

 

Dikutip dari berbagai sumber lainnya bahwa pihak pinjol bisa melacak lokasi nasabah karena ternyata pinjol ilegal bukan pinjol legal. Pasalnya pinjol ilegal ini bisa mengakses semua isi data pribadi Anda mulai dari galeri, kontak, lokasi.

 

Sedangkan rumor pinjol legal dapat mengetahui lokasi terbaru kita itu itu adalah tidak benar. Karena pinjol legal tidak boleh mengakses kontak para nasabahnya.

BACA JUGA:Ini 8 Alasan DC Lapangan Pinjol Tidak Datang ke Rumah, Salah Satunya Telat 90 Hari

Menurut kepala OJK Solo yakni Eko Yunianto menjelaskan bahwa pinjol legal hanya bisa mengakses kamera, mikrofon dan lokasi HP. 

 

 “ Dalam rangka melindungi data pribadi pengguna, kami dari OJK melarang platform pinjol legal untuk mengakses selain dari 3 hal, yaitu hanya kamera, mikrofon dan location” ungkap Eko.

 

Sehingga, pinjol legal tidak diizinkan mengakses galeri dan kontak HP yang biasanya dilakukan oleh pinjol ilegal. 

 

“ Selain itu tidak boleh, sepanjang pinjol itu adalah pinjol terdaftar dan berizin dari OJK” ungkap Eko.

 

Lalu bagaimana jika kita terlanjur pinjam di aplikasi pinjol ilegal dan berakhir galbay? Begini cara mengatasinya yang mesti Anda ketahui:

BACA JUGA:Tak Boleh Sesuka Hati, Jam Operasional DC Lapangan Pinjol Juga Dibatasi Saat Melakukan Penagihan

1.Laporkan pinjol ilegal ke OJK atau ke YLKI

 

Untuk yang pertama jika Anda terjebak dalam pinjol ilegal bisa melaporkannya ke OJK maupun ke YLKI dengan cara berikut ini : 

 

OJK Telepon ke 157 pada hari Senin- Jumat pukul 08.00- 17.00 WIB, kecuali hari libur.

 

Atau Anda bisa menghubungi YLKI melalui call center 021-798158 atau 7971378 dan pelayanan pengaduan konsumen dari Senin- Jumat mulai pukul 09.00-15.00 WIB atau secara online dengan membuat perjanjian terlebih dahulu lewat email.

 

2. Kemudian saat tanggal jatuh tempo Anda tidak mampu membayar tagihan di pinjol ilegal alangkah baiknya stop mencari pinjaman baru hanya untuk membayar hutang lama.

 

3. Lalu jika ada penagihan dari pinjol ilegal dengan cara tidak beretika seperti diteror,  diintimidasi hingga pelecehan, maka Anda berhak segera melakukan pemblokiran semua nomor kontak yang mengirim teror. Selanjutnya beritahu seluruh kontak Anda bila mendapatkan pesan dari pinjol ilegal abaikan saja. 

 

Karena pinjol ilegal dapat mengetahui seluruh kontak Anda diluar kontak darurat yang Anda cantumkan di awal peminjaman.

BACA JUGA:Apakah Berbahaya Pinjol 24 Jam langsung Cair Tanpa BI Checking? Intip Penjelasannya

4. Laporkan ke polisi dan buat laporan yang melampirkan isi kontak penagih yang masih muncul. Dan perlu diingat jangan pernah mengakses lagi ke pinjol ilegal.

 

Nah itulah cara ampuh menghilangkan jejak dari debt collector dan sedikit tips jika Anda terjebak di pinjol ilegal. Semoga bermanfaat. (*)



Sumber: