Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi DC Pinjol Datang ke Rumah agar Terhindar dari Penagihan Tak Etis

Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi DC Pinjol Datang ke Rumah agar Terhindar dari Penagihan Tak Etis

Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi DC Pinjol Datang Kerumah Agar Terhindar dari Penagihan Tidak Etis --

RADAR TEGAL- Pinjaman online atau pinjol telah menjadi solusi keuangan yang mudah dan cepat bagi banyak orang saat ini. Namun, terkadang, peminjam menghadapi situasi di mana petugas dari perusahaan pinjol yang menagih. Lalu, bagaimana cara mengatasi DC pinjol datang ke rumah ya? 

Kunjungan itu pastinya bisa menimbulkan kecemasan dan ketidakpastian. Apabila Anda mengalaminya tidak perlu takut. Anda hanya perlu membutuhkan pengetahuan terkait cara mengatasi DC pinjol datang ke rumah.

Cara mengatasi DC pinjol datang ke rumah perlu Anda ketahui sehingga Anda dapat menghadapi situasi ini dengan bijak dan aman. Serta memastikan bahwa hak-hak Anda tetap terlindungi.

Memahami cara mengatasi DC Pinjol datang ke rumah membantu Anda untuk mencegah kemungkinan penyalahgunaan atau pemerasan yang mungkin terjadi. Dengan mengetahuinya Anda dapat melindungi diri dari praktik-praktik tidak etis seperti memaksakan biaya tambahan yang tidak sah. Berikut ulasannya.

BACA JUGA: Meski Sudah Diblokir, Ini Alasan Pinjol Ilegal Masih Terus Bermunculan dan Sadap Data Pribadi

Cara mengatasi DC pinjol datang ke rumah


1. Tanyakan Identitas

Cara mengatasi DC pinjol datang ke rumah yang pertama adalah jangan panik saat debt collector mendatangi rumah untuk melakukan penagihan pinjaman. Sambut DC dengan sopan dan tanyakan identitas dari DC lapangan tersebut resmi atau tidak.

Tanyakan juga dari mana DC lapangan ini, berasal dari platform apa. Tentunya asal DC ini sesuai dengan platform yang dipinjam, agar tidak terjadi salah tagih.

Nasabah juga tidak boleh lupa dengan penanggungjawab dari DC lapangan tersebut. Karena dengan mengetahuinya, nasabah dapat menghubunginya jika DC melakukan hal berbahaya.

2. Minta Menunjukkan Kartu Sertifikasi Profesi

Cara mengatasi DC pinjol datang ke rumah berikutnya adalah minta kartu sertifikasi profesi. Kartu sertifikasi resmi ini merupakan hal yang wajib dimiliki oleh para penagih pinjaman online.

BACA JUGA: Bisa Pakai Kapan Saja, Ini 7 Rekomendasi Pinjol Cair via DANA yang Sudah Resmi OJK 2024

Sertifikat ini biasanya diperoleh dari APPI (Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia). Sertifikat ini bertujuan untuk menunjukkan aktivitas dari profesi penagih utang ini.

3. Penyitaan Disertai Sertifikat Jaminan Fidusia

Sumber: