Anggaran Capai Miliaran, 181 Unit Motor Baru Dibagikan ke Desa dan Kelurahan di Brebes Demi Hal Ini

Anggaran Capai Miliaran, 181 Unit Motor Baru Dibagikan ke Desa dan Kelurahan di Brebes Demi Hal Ini

Sekda Brebes (nyetir motor) saat menyerahkan motor dinas baru ke kades di Kecamatan Tanjung, Selasa 30 Januari 2024.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Dongkrak pendapatan di sektor Pajak Bumi dan Bangunan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes membagikan 181 unit motor baru ke desa dan kelurahan. Sepeda motor dinas itu diserahkan pada awal 2024 ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) Brebes Djoko Gunawan mengatakan, pemberian unit motor baru ini tidak lain untuk mendongkrak pendapatan di sektor PBB. Pasalnya, pendapatan di sekitar PBB pada tahun 2023 lalu belum 100 persen.

“Pemberian motor ini untuk mendongkrak peningkatan pendapatan di sektor PBB khususnya. Karena pendapatan PBB pada tahun lalu belum seratus persen,” ujarnya usai pemberian unit motor baru ke desa se Kecamatan Tanjung, Selasa 30 Januari 2024.

Nantinya, pemberian motor tersebut diberikan ke 181 desa dan kelurahan di 17 kecamatan di Kabupaten Brebes. Diketahui, pada tahun 2023 lalu ada 116 unit motor baru yang diberikan Pemkab Brebes ke desa yang lunas PBB.

BACA JUGA: Mantap Jiwa! Ratusan Kepala Desa dan Lurah di Kabupaten Brebes Dapat Hadiah Motor NMax Terbaru

Sedangkan tahun ini, menghadirkan unit motor baru ini tanpa harus Lunas PBB terlebih dahulu. Namun, dirinya mengingatkan kepada Kades untuk terus memaksimalkan potensi PBB di wilayahnya.

“Hasil keliling ke kecamatan-kecamatan, kades bersemangat dalam melunasi PBB secara lebih awal. Karena apa, salah satu pendapatan daerah dari sisi pajak adalah dari PBB,” jelasnya.

Meski begitu, dia mengaku butuh peran bersama dalam memaksimalkan potensi PBB yang ada.

“Butuh peran kades dan perangkat desa dalam melunasi PBB 2024 ini,” tutupnya.

BACA JUGA: Persiapan Buat Lebaran, Yuk Cek Update Harga Motor NMAX 2023 OTR Jateng, Dapatkan Tawaran Menariknya

Sebelumnya, Pemkab Brebes kembali menggelontorkan anggaran miliaran rupiah untuk memborong ratusan sepeda motor Yamaha NMax keluaran terbaru. Ratusan unit motor baru ini telah diserahkan kepada Pemkab Brebes ke masing-masing kepala desa. 

"Awal tahun 2024 ini kita serahkan untuk 181 Kades/Lurah (tanpa syarat lunas PBB) dikandung maksud untuk memotivasi penarikan PBB P2 Tahun 2024 agar bisa lunas tunggakan 2018-2023 dan percepatan lunas PBB P2 Tahun 2024," kata Asisten Sekda Brebes Bidang Administrasi Umum, Eko Supriyanto saat dikonfirmasi, Senin 29 Januari 2024 lalu. (*)

Sumber: