Kecelakaan Elf di Exit Tol Brebes Barat yang Tewaskan 2 Santri Diselidiki, Terungkap Sopir Tak Punya SIM

Kecelakaan Elf di Exit Tol Brebes Barat yang Tewaskan 2 Santri Diselidiki, Terungkap Sopir Tak Punya SIM

Elf yang ditumpangi para santri mengalami kecelakaan di Exit Tol Brebes Barat.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Polisi hingga saat ini masih melakukan pemeriksaan sejumlah saksi terkait kecelakaan elf di Exit Tol Brebes Barat, Rabu 24 Januari 2024 lalu. Hasil olah TKP Unit Gakkum Satlantas Polres Brebes menyebutkan, sang sopir yakni MAA, 20 tahun tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

Kasatlantas Polres Brebes melalui Kanit Gakkum Satlantas Polres Brebes Ipda Yuswicandra mengatakan, hasil dari penyelidikan kecelakaan elf di Exit Tol Brebes Barat dan berdasarkan keterangan para saksi, sopir MAA belum memiliki SIM. MAA yang juga seorang santri itu mengendarai dari Kabupaten Pekalongan ke arah Cirebon, Jawa Barat. 

"Sopir saat ini belum bisa dimintai keterangan karena masih syok. Kami baru bisa menggali keterangan dari para saksi yang juga penumpang selamat minibus," ungkapnya, Jumat 26 Januari 2024.

Saat itu, mobil elf tersebut membawa over kapasitas dari semestinya. Yakni, mobil elf tersebut membawa 22 penumpang yang seluruhnya adalah santri di salah satu pondok pesantren (ponpes) di Kabupaten Pekalongan.

BACA JUGA: BREAKING NEWS! Elf Terguling di Exit Tol Brebes Barat, 2 Santri Tewas

Sesuai kapasitas, elf tersebut seharusnya mengangkut 16 penumpang. Sebelum terguling, bagian mobil belakang menyenggol pembatas jalan saat berada di tikungan arah pintu tol Brebes Barat.

"Korban yang meninggal ada dua santri. Mereka terpental keluar dari mobil saat mobil yang mereka tumpangi terguling," imbuhnya. 

Hingga saat ini, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan terhadap kasus kecelakaan elf di Exit Tol Brebes Barat tersebut. Polisi hingga saat ini belum menetapkan tersangka.

Namun dari hasil penyelidikan kecelakaan elf di Exit Tol Brebes Barat sementara ini, kecelakaan tunggal yang terjadi pada Rabu 24 Januari 2024 ini terjadi karena kelalaian pengemudi elf. 

BACA JUGA: Kronologi Kecelakaan Mobil Crane di Bumiayu Brebes yang Tewaskan 2 Orang, Pemilik Rumah Dengar Benturan Keras

Sebelumnya diberitakan, mobil elf membawa rombongan santri terguling di jalan menikung menuju pintu tol Brebes Barat tepatnya di KM 262 desa Klampok, Wanasari, Brebes, Jawa Tengah. Kecelakaan tunggal ini menyebabkan dua penumpang tewas dan dua lainnya luka luka.

Kecelakaan ini terjadi pada Rabu, 24 Januari 2024 pukul 08.21 WIB. Sebuah mobil Isuzu Elf (bus 3/4) nopol B 7758 IC terguling di KM 262 saat melewati jalan menikung menuju pintu keluar tol Brebes Barat.

Kepala Pejagan Pemalang Tol Road Ian Dwinanto saat dikonfirmasi mengatakan, kecelakaan elf di Exit Tol Brebes Barat itu bermula saat mobil elf melintas dari arah timur menuju ke barat. Dikatakan, mobil ini terpantau CCTV melaju kencang di jalur B.

Setiba di KM 262 mobil ini hendak keluar ke pintu tol Brebes Barat. Saat melintasi jalan menikung, lanjut Ian, sopir diduga kurang antisipasi sehingga terguling dan menabrak guardrail. Terakhir, elf ini berhenti pada posisi roda kiri berada di atas.

Sumber: