Perbedaan KUR BNI dan KUR BRI: Mana yang Lebih Menguntungkan UMKM

Perbedaan KUR BNI dan KUR BRI: Mana yang Lebih Menguntungkan UMKM

Perbedaan KUR BNI dan KUR BRI: Mana yang Lebih Menguntungkan UMKM--

RADAR TEGAL - Kredit Usaha Rakyat adalah salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk memberikan bantuan modal kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Perbedaan KUR BNI dan KUR BRI ini wajib kamu ketahui sebelum menentukan program KUR terbaik.

KUR sendiri merupakan pinjaman yang diberikan oleh bank-bank yang bekerja sama dengan pemerintah, dengan bunga yang rendah dan syarat yang mudah. Perbedaan KUR BNI dan KUR BRI sebenarnya tidak jauh berbeda karena keduanya merupakan produk pinjaman yang diinisiasi pemerintah.

Salah dua bank yang paling populer dalam memberikan KUR adalah Bank Negara Indonesia dan Bank Rakyat Indonesia. Kedua bank ini memiliki produk KUR yang berbeda-beda, baik dari segi plafon, bunga, jangka waktu, maupun persyaratan, lalu apa saja perbedaan KUR BNI dan KUR BRI?

Perbedaan KUR BNI dan BRI dari jenis pinjamannya

BACA JUGA:Limit hingga 50 Juta, Begini Kelebihan dan Kekurangan Traveloka PayLater Tenor Beragam

1. Jenis Pinjaman Bank BRI

  • KUR Mikro BRI dirancang untuk memberikan dukungan keuangan kepada usaha mikro dengan skala kecil agar dapat berkembang dan bertahan di pasar.
  • KUR TKI BRI dirancang khusus untuk memberikan pinjaman kepada TKI agar mereka dapat memulai atau mengembangkan usaha di tanah air setelah pulang dari luar negeri.
  • KUR Super Mikro BRI menyasar usaha mikro dengan skala yang lebih kecil lagi, memberikan pinjaman dengan nilai yang lebih rendah untuk mendukung keberlangsungan usaha mikro.
  • KUR Kecil/Ritel BRI memberikan pinjaman kepada usaha kecil atau ritel untuk membantu mereka meningkatkan modal usaha dan memperluas operasional.
  • KUR Tani BRI bertujuan memberikan dukungan finansial kepada para pelaku usaha di sektor pertanian, termasuk petani, untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan.

2. Jenis Pinjaman Bank BNI

  • KUR Mikro BNI juga ditujukan untuk usaha mikro dengan memberikan akses kepada pelaku usaha kecil untuk mendapatkan pembiayaan yang terjangkau.
  • KUR TKI BNI juga menawarkan pembiayaan kepada TKI dengan tujuan serupa, memberikan dukungan dalam memulai usaha di Indonesia.
  • KUR Super Mikro BNI berfokus pada pembiayaan usaha mikro dengan skala super kecil.
  • KUR Kecil/Ritel BNI menargetkan pelaku usaha kecil dan ritel dengan memberikan akses pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • KUR Tani BNI memberikan pembiayaan khusus untuk sektor pertanian, dengan fokus pada para petani dan usaha pertanian kecil.
  • Melalui berbagai jenis produk KUR ini, kedua bank berusaha memberikan solusi keuangan yang sesuai dengan kebutuhan beragam pelaku usaha di Indonesia.

BACA JUGA: Bebas Bunga NOL Persen, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Kredivo PayLater yang Wajib Anda Ketahui

Perbedaan KUR BNI dan KUR BRI dari besaran plafon pinjamannya

Plafon adalah jumlah maksimal pinjaman yang bisa kamu ajukan dalam KUR. Plafon KUR BNI dan KUR BRI berbeda-beda, tergantung pada jenis usaha dan skema yang kamu pilih. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan:

  • Untuk skema tanpa agunan, kamu harus memiliki usaha yang sudah berjalan minimal 6 bulan, dan memiliki omzet minimal Rp 1,5 juta per bulan.
  • Untuk skema dengan agunan, kamu harus memiliki usaha yang sudah berjalan minimal 1 tahun, dan memiliki omzet minimal Rp 3 juta per bulan.
  • Agunan yang bisa kamu gunakan adalah tanah, bangunan, kendaraan bermotor, atau barang modal lainnya yang memiliki nilai jual tinggi.
  • Nilai agunan yang diterima oleh bank adalah sekitar 70% sampai 80% dari nilai pasar.

Perbedaan KUR BNI dan KUR BRI dari suku bunganya

Bunga adalah biaya yang harus kamu bayar kepada bank sebagai imbalan atas pinjaman yang kamu terima. Bunga KUR BNI dan KUR BRI juga berbeda-beda, tergantung pada jenis usaha dan skema yang kamu pilih, berikut adalah hal yang perlu kamu ketahui :

BACA JUGA:Kelebihan dan Kekurangan Shopee PayLater yang Perlu Anda Ketahui, Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini

  • Bunga KUR BNI dan KUR BRI yang menggunakan bunga efektif, yang artinya bunga akan dihitung berdasarkan sisa pokok pinjaman yang kamu miliki setiap bulannya.
  • Bunga KUR BNI dan KUR BRI yang menggunakan bunga tetap, yang artinya bunga tidak akan berubah selama masa pinjaman, kecuali ada perubahan kebijakan dari pemerintah atau bank.
  • Bunga KUR BNI dan KUR BRI yang menggunakan bunga subsidi, yang artinya bunga yang kamu bayar lebih rendah dari bunga komersial, karena ada subsidi dari pemerintah.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mencari Perbedaan KUR BNI dan BRI. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: