Banyak yang Keliru, Ternyata Ini Bedanya Smart TV dan Android TV

Banyak yang Keliru, Ternyata Ini Bedanya Smart TV dan Android TV

bedanya smart TV dan Android TV --

RADAR TEGAL – Bagi Anda yang berencana membeli TV baru, kini terdapat banyak pilihan seperti Android TV dan Smart TV. Keduanya diketahui sama-sama memiliki fitur esklusif untuk menunjang kebutuhan hiburan. Lalu, apa bedanya smart TV dan Android TV?

Meskipun kehadiran Android TV dan Smart TV sudah banyak. Namun hingga kini, masih banyak yang belum mengetahui mengenai apa bedanya smart TV dan Android TV. 

Nah, bagi Anda yang belum mengetahui apa bedanya smart TV dan Android TV, maka perlu menyimak pengertian dan perbedaan smart TV dan Android TV berikut ini, ya.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai apa bedanya smart TV dan Android TV ini, maka Anda perlu mengetahui apa pengertian dari kedua produk tersebut, ya.

BACA JUGA: Cara Memilih Smart TV Terbaik, Bukan Soal Harga Tapi Sesuaikan dengan Kondisi Ruangan yang Ada

Smart TV sendiri terkenal sebagai TV internert yang merupakan televisi apa pun bisa mengakses program tambahan melalui internet. Hal ini tentu setara dengan memiliki komputer yang ternanam di televisi Anda.

Tidak hanya itu, sebagian besar Smart TV juga memiliki aplikasi bawaan yang memungkinkan Anda bermain game, menonton video, dan streaming film termasuk Netflik, Youtube, Facebook, dan masih banyak lagi.

Sementara untuk Android TV ini hampir semua fungsinya sama dengan Smart TV tetapi dengan sistem operasi Android yang didukung oleh Google.

Kini beberapa produsen TV dapat saja memiliki sistem oeprasi bawaannya sendiri pada saat meluncurkan Smart TV. Nah, untuk mengetahui lebih jelas berikut ini bedanya smart TV dan Android TV.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Smart TV 32 Inch Terbaik 2024, Salah Satunya Ada yang Lebih Tipis dari Smart TV Kebanyakan

Apa Bedanya Smart TV dan Android TV?

1. Pembaruan otomatis

Perkembangan Android TV diklaim sangat aktif dan pengembang juga secara rutin mendorong pembaruan baru untuk berbagai aplikasi. Androi TV diketahui lebih unggul dari Smart TV dalam hal pembaruan aplikasi dan sumber daya media streaming.

Karena terhubung dengan WiFi, Android TV menawarkan pembaruan aplikasi secara  otomatis, sementara Smart TV sulit mendapatkan pembaruan dalam hal ini.

2. Program aplikasi

Tahukah Anda bahwa meskipun Andorid TV dan Smart TV sudah mendukung sejumlah aplikasi pouler, namun jumlahnya berbeda, lho.

Berkat dukungan Android App Store yang berisi lebih dari  10.000 aplikasi memberikan Android TV keungulan mutlak dalam program aplikasinya.

BACA JUGA: 3 Rekomendasi Smart TV dan TV Android Terbaik 2024, Harga Mulai 1 Jutaan

Toko aplikasi ini diklaim memungkinakn pengguna Andorid TV mengunduh dan menggunakan berbagai aplikasi sama seperti yang terdapat di smartphone.

Sedangkan untuk Smart TV, menjalankan sistem operasi lain seperti Tizen OS atau WbOS, aplikasi tersebut memiliki dukungan terbatas. Sehingga hanya beberapa aplikasi bawaan yang terkenal yang bisa diakses.

3. Asisten suara

Bedanya smart TV dan Android terbaik lainnya terdapat pada fitur asisten suara. Dengan keunggulan asisten Google bawaan menjadikan Android TV begitu menonjol dalam fungsinya.

Sehingga pengguna Android TV dapat berpindah saluran dan mencari program dengan mudah melalui kontrol suara tanpa perangkat input apa pun.

BACA JUGA: 3 Rekomendasi Smart TV 43 Inch Xiaomi dengan Spesifikasi Lengkap, Harga Hanya 3 Jutaan Loh

Sebaliknya, pengguna Smart TV harus memasukkan konten dengan keyboard berukuran penuh. Meskipun banyak Smart TV yang mendukung kontrol suara, mereka harus dipasangkan dengan perangkat seperti Alexa untuk mencapai fungsi ini.

4. Screen mirroring dan transmisi layar

Android TV diketahui sudah mendukung mirroring layar, hal ini memungkinkan Anda melihat aplikasi favorit dari HP Android yang terdapat di TV.

Cara tersebut memungkinkan berkat adanya Asisten Google dan Chromecast bawaan (juga dikenal sebagai Google cast).

Namun, hal ini tidak mungkin terjadi pada smart TV tanpa peralatan proyeksi lainnya, yang berarti memerlukan biaya dan tenaga tambahan.

BACA JUGA: Rekomendasi Smart TV Samsung dengan Spesifikasi Mumpuni, Harga Mulai Rp2 Jutaan

Demikian ulasan mengenai bedanya smart TV dan Android TV. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: