Vaksinasi Polio di Kabupaten Brebes Sudah Capai di Atas 90 Persen

Vaksinasi Polio di Kabupaten Brebes Sudah Capai di Atas 90 Persen

Kepala Dinkes Brebes Ineke Tri Sulistyowati.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes sedang melakukan vaksinasi polio untuk seluruh balita di wilayahnya. Kepala Dinkes Brebes Ineke Tri Sulistyowati mengklaim pemberian vaksin selama sepekan terakhir capaiannya mencapai di atas 90 persen.

Ineke menyebutkan untuk sasaran riil di Kabupaten Brebes, tercatat ada 205.276 anak yang harus mendapatkan vaksinasi polio. Sedangkan sasaran yang ditetapkan oleh Pusdatin (Pusat Data Indonesia) untuk Kabupaten Brebes mencapai 212.547 anak.

"Kalau sesuai data riil di Kabupaten Brebes, vaksinasi polio kita sudah mencapai 96,94 persen. Sedangkan sasaran menurut Pusdatin kita sudah 94,43 persen," ujarnya, Senin 22 Januari 2024.

Ineke menyebutkan pihaknya terus melakukan pendekatan dalam memberikan vaksinasi polio kepada anak-anak di seluruh wilayah Kabupaten Brebes. Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi atas keberhasilan pencapaian pemberian vaksin kepada tim di lapangan serta stakeholder yang ikut membantu.

"Tentunya kita mohon dukungannya agar semua sasaran pemberian vaksin atau 95 persen bisa tercapai. Dan kami mengucapkan terimakasih kepada stakeholder yang ikut mensukseskan kegiatan ini," tukasnya.

Sasaran vaksin

Seperti diketahui, sejak Senin, 15 Januari 2024 lalu Pemkab Brebes melalui Dinas Kesehatan melakukan pemberian vaksin polio secara serentakndi 17 kecamatan yang ada. Total, ada 212.547 anak di Kabupaten Brebes menjadi sasaran pemberian vaksin polio.

Di mana, pemberian vaksin polio ini dilamukan menyusul temuan penyebaran polio di Klaten, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan Sleman, Provinsi Yogyakarta.

Ineke menyebutkan, anak yang menjadi sasaran pemberian vaksin polio ini yakni mulai usia 0 sampai 7 tahun 11 bulan. Secara serentak, lanjutnya, pemberian vaksin polio akan dilakukan selama dua pekan.

Demikian informasi tentang pemberian vaksinasi polio di Kabupaten Brebes, yang terus dimassifkan. Semoga bermanfaat. (*)

(*)

Sumber: