Jangan Panik! Ternyata Ini Penyebab TV Gagal Disambungkan ke Wi-Fi, Langsung Cek Saja

Jangan Panik! Ternyata Ini Penyebab TV Gagal Disambungkan ke Wi-Fi, Langsung Cek Saja

Penyebab TV Gagal Disambungkan ke Wi-Fi--

RADAR TEGAL – Saat ini sudah banyak masyarakat yang beralih menggunakan Smart TV. Smart TV sendiri merupakan jenis TV modern yang mampu mengakses konten-konten internet meski kadang ada kendala. Berikut ini penyebab TV gagal disambungkan ke Wi-Fi.

Beberapa dari Anda mungkin pernah mengalaminya. Karena itu, informasi mengenai penyebab TV gagal disambungkan ke Wi-FI perlu diketahui.

Smart TV yang tidak dapat terhubung ke fitur Wifi bisa saja terjadi pada siapa saja pengguna televisi canggih ini. Berikut ini akan ada ulasan tentang penyebab TV gagal disambungkan ke Wi-Fi.

Dengan mengetahui penyebab TV gagal disambungkan ke Wi-Fi, Anda bisa langsung membereskannya tanpa perlu panik. Simak sampai akhir.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Smart TV Terbaik 2024, Harganya Sesuai Kualitas Banget!

Penyebab TV Gagal Disambungkan ke  Wi-Fi

1. Posisi TV Terlalu Jauh dari Jangkauan Wi-Fi

Tahukah Anda bahwa salah satu penyebab yang membuat TV tidak dapat menangkap sinyal Wi-Fo secara maksimal yakni karena posisi TV terlalu jauh dari jangkauan Wi-Fi. Sehingga tidak bisa menangkap sinyal Wi-Fi secara maksimal.

Adapun gangguan ini bisa Anda atasi dengan memperbaiki posisi TV supaya lebih dekat dengan sumber jaringan Wi-Fi. Jadi mudah sekali kan?

2. Jaringan Wi-Fi sedang Bermasalah

Ketika jaringan Wi-Fi sedang bermasalah, maka wifi akan gagal disambungkan ke TV. Anda bisa memeriksa penyebabnya dengan menyambungkan Wi-Fi ke perangkat teknologi lain seperti smartphone atau tablet PC.

Apabila perangkat tersebut juga gagal disambungkan, maka kemungkinan besar masalahnya terdapat pada jaringan Wi-Fi yang memang sedang mengalami gangguan.

BACA JUGA: Ternyata Nggak Sulit, Begini Cara Menggunakan Smart TV Samsung

3. Sofware Smart TV Membutuhkan Update

Tahukah Anda bahwa smart TV sama seperti perangkat teknologi lainnya yang membutuhkan update supaya fitur-fiturnya bisa Anda gunakan secara maksimal. Jadi, ada baiknya Anda memeriksa software pada smart TV jika perangkat tersebut selalu gagal dihubungkan ke Wi-Fi, ya.

4. Keliru saat Memasukkan Password

Kesalahan lainya yang paling sering dilakukan terutama untuk orang tua yakni keliru memasukkan password. Penyebab kegagalan ini mudah dideteksi karena TV akan langsung menunjukkan notifikasi saat Anda menggunakan password yang salah.

Jadi, pastikan Anda sudah mengingat password Wi-Fi dengan tepat sebelum menyambungkannya ke smart TV.

Hal  yang harus dilakukan saat smart TV gagal disambungkan ke Wi-Fi 

1. Ubah DNS Wi-Fi

Untuk mengubah DNS Wi-Fi  ini, Anda harus  masuk pada opsi pengaturan, sub opsi General, kemudian pilih Network atau jaringan. Lalu, klik opsi network status, pilih IP Settings. Kemudian ubah status DNS dari Auto ke Mnaual lalu ubah nomor DNS menjadi 8.8.4.4 atau 8.8.8.8.

BACA JUGA: 3 Rekomendasi Smart TV 43 Inch Xiaomi dengan Spesifikasi Lengkap, Harga Hanya 3 Jutaan Loh

2. Periksa Router Wi-Fi

Pastikan bahwa seluruh kabel telah tersambung dengan benar dan jaringan Wi-Fi telah aktif.

3. Melakukan Reset Pengaturan Pabrik

Tahukah Anda cara reset smart TV ke pangaturan pabrik ternyata dapat Anda lakukan dengan masuk ke  opsi pengaturan, lalu pilih support, elf Diagnosis, dan Reset. Masukkan PIN default 0000 atau PIN baru yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Terakhir, klik OK untuk menyelesaikan proses reset pada smart TV.

Demikian ulasan mengenai penyebab TV gagal disambungkan ke Wi-Fi. Semoga bermanfaat. (*) 

Sumber: