5 Penyebab Pengguna Pinjol Lebih Mudah Kena Penipuan Online, Hati-hati dengan Penawarannya

5 Penyebab Pengguna Pinjol Lebih Mudah Kena Penipuan Online, Hati-hati dengan Penawarannya

5 penyebab pengguna pinjol lebih mudah kena penipuan online-freepik-

RADAR TEGAL – Ada 5 penyebab pengguna pinjol lebih mudah kena penipuan online. Sebab, ini berhubungan dengan kebiasaan para pengguna pinjol yang sering terpancing dengan penawaran iklan yang menggiurkan.

Penyebab pengguna pinjol lebih mudah kena penipuan online ini juga disebabkan pengetahuannya yang minim. Biasanya mereka akan mudah percaya dengan penawaran menggiurkan tanpa melakukan pengecekan soal kebenarannya.

Apalagi jika modus penipuan tersebut menawarkan sejumlah uang, yang tidak heran sering jadi penyebab pengguna pinjol jadi lebih mudah kena penipuan online. Terlebih dengan iming-iming tanpa perlu jaminan apapun untuk mendapatkannya.

Berikut 5 penyebab pengguna pinjol lebih mudah kena penipuan online. Jangan sampai Anda menjadi salah satu diantaranya.

5 penyebab pengguna pinjol lebih mudah kena penipuan online

Ada beberapa alasan kenapa pengguna pinjol lebih rentan terjerat penipuan online. Begini penjelasannya.

BACA JUGA : Bantuan Melunasi Utang Pinjaman Online Ternyata HOAX, OJK Imbau Masyarakat agar Lebih Berhati-hati

1. Butuh uang dalam keadaan mendesak

Pinjol merupakan platform yang sangat mudah memberikan pinjaman uang dalam waktu singkat. Hal inilah yang menjadikan platform ini sebagai salah satu solusi orang-orang mencari uang dalam keadaan mendesak. 

Tidak heran mengapa saat ada modus penipuan online yang menawarkan hal serupa, justru pengguna pinjol yang jadi lebih mudah terpancing. Padahal banyak sekali risiko yang bisa terjadi setelah berurusan dengan oknum penipu ini.

2. Memberikan informasi pribadi berlebihan

Alasan pengguna pinjol lebih rentan terjerat penipuan online, karena sering memberikan informasi berlebihan. Salah satu syarat pinjol yaitu penggunanya harus menyertakan sejumlah data pribadi.

Hal ini dianggap sepele asal selama uang tersebut bisa segera dicairkan. Padahal informasi pribadi ini sangat sensitif dan bersifat rahasia sebenarnya. Jika sampai bocor dan dimanfaatkan oleh oknum nakal, maka ada banyak kerugian yang bisa terjadi.

BACA JUGA : 5 Tempat Pinjam Uang Selain Pinjol Tanpa BI Checking dan Cepat ACC 2024, Syaratnya Mudah Kok

Sumber: