3 Langkah Perawatan AC Agar Tidak Cepat Rusak, Nomor 2 Sering Diabaikan Padahal Bisa Berakibat Fatal

3 Langkah Perawatan AC Agar Tidak Cepat Rusak, Nomor 2 Sering Diabaikan Padahal Bisa Berakibat Fatal

perawatan AC agar tidak cepat rusak--

RADAR TEGAL - Perawatan AC agar tidak cepat rusak ternyata tidak bisa sembarangan lho. Terdapat hal yang harus diperhatikan agar akibatnya tidak fatal.

Pasalnya perawatan AC agar tidak cepat rusak yang satu ini sering diabaikan, sehingga membuat pendingin ruangan tidak bertahan lama.

Akibatnya, Anda perle mengeluarkan uang lebih banyak lagi untuk perbaikan atau bahkan membeli yang baru. Hal tersebut karena tidak memperhatikan perawatan AC agar tidak cepat rusak ini.

Berikut perawatan AC agar tidak cepat rusak yang wajib diperhatikan agar AC bisa selalu baru. Simak artikel ini sampai akhir untuk informasi selengkapnya.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi AC Dinding Paling Awet dan Cepat Dingin dengan Watt Kecil, Pilihan Terlaris di 2023

3 Perawatan AC agar tidak cepat rusak yang wajib dilakukan

1. Rutin Membersihkan Freon AC

Freon AC menjadi salah satu fitur penting karena mempengaruhi suhu dingin yang nantinya Anda rasakan. Membersihkan freon AC merupakan perawatan rutin yang bisa Anda lakukan selama 3 bulan sekali.

Sehingga kotoran yang menumpuk pada AC akan cepat terangkat dan AC akan jadi lebih cepat dingin. Cek pula gas freon yang ada di dalam AC. Apakah sisa gas freon sudah tepat atau perlu ditambah.

Selain itu, jangan lupa melihat jenis freon yang digunakan karena tidak hanya satu saja, tetapi ada beberapa jenis freon yang tersedia di pasaran saat ini seperti Freon R410A dan Freon R32 yang ramah lingkungan dan sesuai regulasi pemerintah.

2. Jangan Terlalu Sering Mengatur Suhu di Bawah 22 derajat

Anda pasti tidak menyangka bukan bahwa hal ini akan berakibat fatal pada AC. Mengatur suhu dibawah 22 derajat terus menerus membuat AC bekerja terlalu keras karena melewati suhu normalnya. Normalnya suhu AC ada di temperatur 22 sampai 24 derajat.

Padahal hal tersebut membuat AC  rusak dengan lebih cepat. Gas freon yang ada di dalamnya pun juga menjadi lebih cepat habis sehingga kamu perlu menambah gas freon setiap kali AC diservis.

BACA JUGA: Listrik 1300 Watt Bisa Pasang AC Berapa PK? Jangan Sampai Tagihan Listrikmu Membengkak

3. Matikan AC Jika Ruangan Tidak Digunakan

Sumber: