5 Alasan Pinjol Tidak Bisa Jadi Solusi Keuangan yang Tepat untuk Segala Situasi

5 Alasan Pinjol Tidak Bisa Jadi Solusi Keuangan yang Tepat untuk Segala Situasi

5 alasan pinjol tidak bisa jadi solusi keuangan yang tepat-freepik-

BACA JUGA : Perlukah Bayar Hutang pada Pinjol yang Sudah Diblokir OJK? Begini Penjelasannya

3. Regulasi kurang memadai

Alasan pinjol tidak bisa jadi solusi keuangan yang tepat berikutnya karena regulasi mereka belum sekuat lembaga keuangan tradisional lainnya.

Hal ini bisa menimbulkan kurangnya perlindungan untuk konsumen dari kemungkinan adanya praktik tidak etis, serta privasi yang bocor maupun penyalahgunaan data.

4. Kebocoran data

Penyebab pinjol bukan solusi keuangan yang tepat berikutnya karena adanya kemungkinan kebocoran data. Tentu hal ini sangat berisiko fatal bagi pengguna itu sendiri.

Data-data pribadi yang bersifat sensitif bisa digunakan oleh oknum nakal untuk hal tertentu yang sangat merugikan. Bahkan bisa saja sampai berurusan dengan ranah hukum.

BACA JUGA : AFPI Ungkap 4 Praktik Penagihan Hutang DC Pinjol yang Bisa Dipenjarakan, Simak Selengkapnya

5. Memicu kebiasaan keuangan tidak sehat

Risiko menggunakan pinjol juga bisa memicu kebiasaan keuangan yang kurang sehat. Apalagi sudah terlanjur bergantung pada uang pinjol untuk memenuhi kebutuhan.

Hal ini juga bisa menghilangkan kebiasaan menabung, sampai merusak rencana keuangan jangka panjang. Maka tidak heran jika banyak pengguna pinjol yang galbay dan gali lubang tutup lubang akibat rasa ketergantungan ini.

Kesimpulan

Pinjaman online bisa memicu beragam dampak buruk untuk kondisi keuangan seseorang, terlebih jika belum bisa mengelolanya dengan bijak. Justru hanya akan menumpuk hutang sampai adanya risiko penyalahgunaan data.

Itulah 5 alasan mengapa pinjol tidak bisa jadi solusi keuangan yang tepat. Semoga informasi ini bermanfaat. (*)

Sumber: