Cara Mengatasi AC Bocor Meneteskan Air Saat Dinyalakan, Tak Perlu Panggil Tukang Servis

Cara Mengatasi AC Bocor Meneteskan Air Saat Dinyalakan, Tak Perlu Panggil Tukang Servis

AC bocor meneteskan air--

RADAR TEGAL - Masalah yang sering dikeluhkan oleh pengguna pendingin ruangan yaitu AC bocor meneteskan air. Hal ini pastinya membuat tidak nyaman penggunanya.

AC bocor meneteskan air menjadi salah satu penyebab akibat jarangnya melakukan perawatan pada pendingin ruangan Anda. Sehingga ACpun kian mengalami banyak permasalahan.

Namun Anda bisa mengatasi AC bocor meneteskan air sendiri di rumah. Sehingga Anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk service AC.

berikut ini cara mengatasi Keluhan AC bocor meneteskan air yang bisa Anda lakukan. Simak artikel ini sampai akhir untuk informasi selengkapnya.

BACA JUGA: Cara Memilih PK AC Sesuai Ukuran Ruangan, Sesuaikan dengan Kebutuhan

Cara mengatasi AC bocor meneteskan air

Sebelum Anda tahu cara mengatasi AC bocor meneteskan air, Anda perlu tahu penyebabnya terlebih dahulu. Berikut AC mengalami kebocoran:

1. Kebocoran Freon

Freon atau zat pendingin digunakan untuk mendinginkan udara yang berasal dari luar AC. Zat ini harus diubah menjadi cair terlebih dahulu agar bisa digunakan. Kebocoran pada freon membuat bagian dalam AC membeku dan angin yang dihasilkan panas.

2. Filter AC Kotor

Biasanya penyebab yang sering terjadi sehingga mengalami kebocoran AC yaitu filter AC yang kotor atau tersumbat. 

BACA JUGA: Spesifikasi Smart TV Sharp Aquos 4K UHD dengan Google Assistant, Keunggulannya Membawa Perubahan

Filter kotor dan tersumbat membuat aliran udara yang masuk dalam AC berkurang sehingga suhu evaporator turun dan membeku.

Saat dimatikan, es pada bagian evaporator mencair dan tidak dapat ditampung oleh saluran pembuangan. Tambahan air inilah yang menyebabkan kebocoran.

Sumber: