Pantas Tagihan Jebol, Ini 3 Penyebab AC Boros Listrik yang Sering Gak Disadari

Pantas Tagihan Jebol, Ini 3 Penyebab AC Boros Listrik yang Sering Gak Disadari

alasan AC boros listrik--

RADAR TEGAL - AC merupakan salah satu barang elektronik yang memakan konsumsi daya listrik cukup banyak. Ternyata ada beberapa penyebab AC boros listrik yang sering kali tidak disadari.

Penyebab AC boros listrik ini sering dilakukan oleh penggunanya namun tidak disadari. Sehingga tagihan listrik membengkak dan pengeluaran Anda makin banyak.

Nah, penyebab AC boros listrik juga banyak penyebabnya. Di antaranya yaitu pemilihan pendingin ruangan yang tidak sesuai dengan kebutuhan seperti ukuran ruangan.

Jadi untuk menghindari pembengkakan listrik karena penggunaan pendingin ruangan yang berlebihan. Kenali 3 penyebab AC boros listrik yang sering gakd disadari berikut ini.

BACA JUGA: Keunggulan AC Pintar dengan Fitur WiFinya, Salah Satunya Bisa Dikontrol Jarak Jauh

3 hal yang kerap sebabkan AC boros listrik 

1. Sering Nyala Matikan AC

Tahukah Anda, hal ini menjadi salah satu alasan boros listrik namun jarang disadari oleh penggunanya. Nyala matikan pendingin ruangan membuat AC jadi terlalu banyak memakan daya listrik dibanding seharusnya.

Penyebabnya karena saat dinyalakan, listrik yang dibutuhkan cukup besar dibanding setelah suhu ruangan sudah dingin merata. Sehingga ketika dinyalakan berulang kali, maka tagihan listrik jadi makin besar.

2. Filter Dibiarkan Kotor

Seringkali dalam menggunakan AC, pengguna lupa atau bahkan abai dalam membersihkan filter AC. Akibatnya filter AC jadi kotor dan kekuatan pendinginan jadi berkurang.

BACA JUGA:Paling Laris, Ini 3 Keunggulan AC dari Panasonic yang Didukung Teknologi Inovatif

Padahal hal ini menjadi penyebab mesin penyaring AC harus bekerja lebih keras untuk menghasilkan udara bersih ke ruanganmu. Akibatnya listrik rumah akan tersedot banyak untuk proses penyaringan udara oleh mesin. Untuk itu Anda perlu menjadwalkan pembersihan rutin kondisi filter AC.

3. Ruangan Sering Terbuka

Sumber: