Wajib Disimak! Kelebihan dan Kekurangan KUR BRI 2024 yang saat Ini Ditunggu Pelaku UMKM

Wajib Disimak! Kelebihan dan Kekurangan KUR BRI 2024 yang saat Ini Ditunggu Pelaku UMKM

Kelebihan dan kekurangan KUR BRI 2024--

RADAR TEGAL- KUR BRI 2024 ini sangat ditunggu pelaku usaha UMKM maupun masyarakat yang butuh modal untuk mengembangkan usahanya agar lebih berkembang pesat. Sebelum memutuskan untuk mengambil pinjaman KUR, alangkah baiknya tahu kelebihan dan kekurangan KUR BRI 2024.

 

KUR BRI 2024 saat ini belum dibuka tetapi Pemerintah Indonesia sudah memberikan dana anggaran KUR untuk tahun 2024 sebesar Rp165 triliun. Sebelum berencana mengajukan pinjaman KUR, pahami dahulu kelebihan dan kekurangan KUR BRI 2024.

 

Kelebihan dan kekurangan KUR BRI 2024 ini perlu diketahui sebelum meminjam. Hal itu tujuannya agar ke depan masyarakat bisa meminjam dana dengan tenang tanpa perlu khawatir.

 

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan KUR BRI 2024 yang mesti Anda ketahui. Simak baik-baik ya.

 

BACA JUGA: KUR Bank Jateng 2024 Bisa Pinjam Hingga Rp500 Juta Bunga Hanya 6%, Tanpa Agunan dan Syarat Ringan

 

Kelebihan dan kekurangan KUR BRI 2024

 

1. Kelebihan KUR BRI 2024

 

- Bunga rendah

 

Di antara kelebihan dan kekurangan KUR BRI 2024, pinjaman dengan suku bunga rendah yakni 6% per tahunnya dan 0,5% persen per bulannya menjadi salah satu kelebihannya. Dengan suku bunga rendah tentu sangat membantu para pelaku usaha UMKM maupun pengusaha menengah untuk mengembangkan usahanya tanpa khawatir membayar bunga tinggi.

 

- Plafon tinggi 

 

KUR BRI 2024 diketahui memiliki plafon kredit tinggi mulai dari Rp10 juta hingga Rp500 juta yang bisa Anda pinjam untuk modal usaha. Ini masuk sebagai kelebihan di antara daftar kelebihan dan kekurangan KUR BRI 2024.

 

- Pembiayaan modal kerja dan investasi 

 

Selanjutnya yakni KUR BRI 2024 ada pembiayaan modal kerja dan investasi yang dapat digunakan untuk mendanai modal kerja dan investasi. Tentunya hal ini para pelaku usaha dengan mudah mengembangkan usaha mereka.

 

- Persyaratan mudah

 

Kelebihan KUR BRI 2024 yakni persyaratan mudah saat Anda ingin mengajukan pinjaman KUR. Karena Anda hanya perlu menyiapkan dokumen seperti KTP, KK, buku nikah dan sku ( surat keterangan usaha).

BACA JUGA: KUR Bank Mandiri 2024 Sebuah Pintu Emas Pinjaman Modal untuk UMKM

2. Kekurangan KUR BRI 2024

 

- Adanya Jaminan

 

Kekurangan KUR BRI 2024 yang pertama yakni adanya jaminan misalnya seperti sertifikat tanah, sertifikat rumah maupun kendaraan. Tentunya ini sangat menyulitkan bagi masyarakat pelaku usaha UMKM yang belum cukup memiliki aset penting. Namun yang perlu Anda ketahui jaminan tersebut hanya untuk nasabah yang meminjam di atas Rp50 juta.

 

2. Sanksi Jika Terlambat Bayar

 

Jika Anda telat membayar KUR BRI 2024 tentunya akan dikenakan sanksi seperti denda. Apalagi jika berani tidak membayar cicilan hingga berbulan-bulan, kemungkinan adanya tim debt collector untuk menagih ke rumah Anda.

 

3. Proses Persetujuan yang Lama

 

Kemudian KUR BRI 2024 jika Anda mengajukan pinjaman harap bersabar karena proses persetujuannya yang lama. Hal ini tentu menjadi kendala bagi pelaku usaha yang membutuhkan dana segera.

 

4. Digunakan Terbatas untuk Sektor Usaha Tertentu

 

Seperti kita tahu KUR ini hanya mengarah memberikan bantuan modal untuk para pelaku usaha kecil dan KUR BRI 2024 ini hanya bisa digunakan untuk sektor ekonomi tertentu saja seperti pertanian, usaha mikro maupun perikanan. Jadi hal ini bisa menjadi kendala pelaku ekonomi dari sektor lain yang memang ingin mengajukan KUR BRI 2024.

BACA JUGA: Syarat Pengajuan KUR BNI 2024 Tanpa Jaminan dengan Cara yang Mudah dan Anti Ribet

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan terkait kelebihan dan kekurangan KUR BRI 2024. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: