Masuki Masa Tanam Pertama Bawang Merah, Stok Pupuk Subsidi di Brebes Tersedia 1.500 Ton

Masuki Masa Tanam Pertama Bawang Merah, Stok Pupuk Subsidi di Brebes Tersedia 1.500 Ton

MENGECEK - Direktur Keuangan dan Umum PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, Saifullah Lasindrang saat mengecek ketersediaan pupuk di Gudang Cimohong.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Awal Januari ini, sejumlah petani bawang merah sudah banyak yang mulai menanam bawang merah di masa tanam pertama. Apalagi ketersediaan stok pupuk subsidi di Brebes saat ini masih tersedia mencapai 1.500 ton.

Kepastian ketersediaan pupuk subsidi itu di sampaikan Direktur Keuangan dan Umum PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, Saifullah Lasindrang, Kamis 11 Januari 2024. Ribuan ton pupuk subsidi jenis urea dan NPK di Gudang Unit 3 PT Pupuk Indonesia yang merupakan induk dari PT PSP, di Desa Cimohong, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes. 

Direktur Keuangan dan Umum PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, Saifullah Lasindrang mengatakan, pemerintah telah mempermudah mekanisme penebusan pupuk bersubsidi. Yaitu, hanya dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai syarat mendapatkan stok pupuk subsidi di Brebes.

"Pupuk subsisi tersedia sekitar 1.500 ton di Brebes disiapkan di gudang kita. Silahkan petani bisa melakukan penebusan. Tidak harus pakai Kartu Tani, bisa pakai KTP cara manual," ungkapnya ditemui usai acara Gebyar Diskon Pupuk di Gudang Cimohong.

Dengan stok pupuk subsidi maupun nonsubsidi di Brebes ini, diharapkan dapat dimanfaatkan oleh seluruh petani dalam memenuhi kebutuhan pupuk. Menurutnya, ketersediaan stok pupuk baik subsidi maupun non subsidi selalu tersedia. 

Lebih lanjut, dia mengungkapkan kalau pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki keberpihakan tinggi terhadap petani. Salah satunya melalui program subsidi pupuk yang setiap tahunnya dialokasikan sekitar Rp25 triliun disiapkan untuk membantu petani mendapatkan pupuk dengan harga terjangkau.

Pada tahun ini, pemerintah rencananya akan menambah alokasi subsidi pupuk sebesar Rp14 triliun agar semakin banyak petani yang mendapat pupuk bersubsidi.

"Pemerintah berkomitmen menambahkan lebih dari separuh pagu anggaran, dari semula Rp25 triliun ditambah Rp14 triliun. Mudah-mudahan sebelum pertengahan tahun ini bisa direalisasikan," imbuhnya terkait stok pupuk subsidi di Brebes

Ditambahkan Saifullah, hingga 31 Desember 2023, secara nasional ketersediaan pupuk bersubsidi dan pupuk nonsubsidi tercatat sebesar 1.744.302 ton atau setara 236 persen dari ketentuan minimum stok yang ditetapkan Pemerintah. 

Adapun angka stok ini terdiri dari pupuk bersubsidi sebesar 1.215.280 ton dan pupuk non-subsidi sebesar 529.022 ton. "Semoga program Gebyar Diskon ini dapat mendorong petani untuk menanam lebih awal sehingga kesuksesan musim tanam awal tahun ini bisa kita tuai bersama saat panen bulan april nanti,” pungkasnya.

Demikian informasi tentangstok pupuk subsidi di Brebes, yang bisa dimanfaatkan para petani bawang di Kabupaten Brebes. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: