5 Penyebab Suara AC Berisik yang Mesti Kamu Ketahui dan Cara Mengatasinya

5 Penyebab Suara AC Berisik yang Mesti Kamu Ketahui dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi. Penyebab suara AC berisik--Freepik

RADAR TEGAL - Ternyata banyak kasus AC yang mengeluarkan suara berisik saat pertama kali dinyalakan. Oleh karena itu, banyak yang penasaran pada penyebab suara AC berisik? Lalu bagaimana cara mengatasinya?

 

Selain mengganggu, masalah AC mengeluarkan terlalu banyak suara kerap dinilai berbahaya. Oleh karena itu banyak yang mencari tahu apa penyebab suara AC berisik? Untuk mengetahui jawaban selengkapnya bisa baca artikel ini yah.

 

Dalam beberapa kasus, suara AC berisik bisa menjadi pertanda bahwa unit akan rusak atau kemungkinan ada permasalahan lainnya. Daripada bikin penasaran inilah penyebab suara AC berisik.

 

Berikut ini adalah penyebab suara  AC berisik yang mesti kamu ketahui dan cara mengatasinya:

BACA JUGA: Cara Perawatan AC Portable dengan Baik dan Benar yang Anti Ribet

Penyebab suara AC berisik

1. Unit AC Terlalu Beku

 

Jika Anda mendengar suara mendengung keras dari AC, ada kemungkinan unit Anda membeku. Hal ini biasa terjadi pada AC yang dinyalakan dalam waktu lama tanpa adanya perawatan rutin dilakukan.

 

Kalau Anda mengalami kebisingan seperti ini, Anda harus mencoba mencairkan AC terlebih dahulu. Hal ini dapat dilakukan hanya dengan mematikannya beberapa saat dan mengistirahatkannya, kemudian nyalakan ke pengaturan terendah dan lihat apakah ada suara berisik atau tidak. 

 

Jika AC Anda mengeluarkan berisik terus berlanjut sebaiknya hubungi teknisi AC profesional untuk memperbaikinya.

 

2. Masalah Kipas Kondensor

 

Penyebab suara AC berisik yakni masalah kipas kondensor yang memang bertugas mengalirkan udara dari unit luar agar AC Anda tetap berjalan. Namun terkadang motor kompresor dapat mengeluarkan suara berisik yang menandakan adanya masalah.

 

BACA JUGA: Cara Perawatan AC Portable dengan Baik dan Benar yang Anti Ribet

 

Hal ini kemungkinan terjadi jika blowe bagian dalam berfungsi tetapi kipas tidak mau berputar. Cara mengatasinya yakni matikan AC Anda lalu periksa apakah ada kotoran di dalam kipas, cek apakah ada bagian yang lepas atau hilang yang menghalangi putaran kipas.

 

3. Bagian AC Ada yang Longgar

 

Dalam beberapa kasus, suara berisik yang berasal dari AC Anda dapat disebabkan oleh komponen yang longgar. Seiring berjalannya waktu, getaran pada AC dapat menyebabkan bagian-bagian menjadi kendor dan mungkin menimbulkan bunyi berisik saat unit dinyalakan. 

 

Bagian di dalam AC yang lepas dapat menyebabkan unit bekerja kurang efisien dan bahkan dapat menyebabkan kerusakan total. Dalam beberapa kasus, komponen yang lepas juga dapat menimbulkan bahaya kebakaran, oleh karena itu disarankan untuk segera memperbaikinya.

 

Cara mengatasinya yakni Anda harus membuka AC dan memeriksa apakah ada baut atau sekrup yang kendor. Setelah itu jika menemukan masalahnya kencangkan bagian-bagian bautnya, jika masih bingung dan ragu alangkah baiknya segera panggil teknisi AC.

 

BACA JUGA: 4 Pilihan AC Murah Low Watt Tahun 2024 dan Keunggulannya, Ternyata Bisa Lebih Baik dari Jenis Inverter?

 

4. Kerusakan pada Saklar Relay Kontaktor

 

Penyebab suara AC berisik selanjutnya adanya kerusakan pada saklar relay kontaktor. Kontaktor adalah saklar pada AC luar ruangan yang dikendalikan oleh thermostat dan berfungsi untuk menghidupkan tegangan tinggi kompresor unit luar.

 

Terkadang kerusakan pada saklar kontaktor yang menyebabkan AC mengeluarkan suara berisik saat dihidupkan atau dimatikan. Cara mengatasinya yakni sebaiknya matikan AC Anda terlebih dahulu dan periksa saklar apakah ada tanda- tanda kerusakan. Jika ternyata saklarnya rusak, sebaiknya ganti dengan yang baru.

 

5. Kerusakan Kompresor

 

Kompresor adalah salah satu bagian penting dari AC dan juga merupakan salah satu penyebab suara AC berisik. Jika kompresor tidak berfungsi dengan baik, maka akan mengeluarkan suara saat mencoba menghidupkan unit AC.

 

Hal yang bisa Anda lakukan adalah mematikan AC dan memeriksa kompresor apakah ada tanda- tanda kerusakan. Namun jika Anda tidak dapat mengetahui bagian mananya yang rusak, sebaiknya hubungi teknisi AC saja untuk memperbaiki.

BACA JUGA: Keunggulan AC Panasonic dengan Performa yang Handal Meningkatkan Kenyamanan Ruangan keluarga

Itu dia beberapa penyebab suara AC berisik yang mesti kamu ketahui beserta cara mengatasinya. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: