Program Vaksinasi Polio, Ketua Komisi IV Minta Dinkes Maksimalkan Pemberian Vaksin

Program Vaksinasi Polio, Ketua Komisi IV Minta Dinkes Maksimalkan Pemberian Vaksin

Ketua Komisi IV DPRD Brebes Tri Murdiningsih.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Minggu depan, tepatnya Senin 15 Januari 2024 Dinas Kesehatan (Dinkes) akan menggelar pemberian vaksin polio kepada ratusan ribu anak di Kota Bawang. Menyanggapi hal itu, Ketua Komisi IV DPRD Brebes Tri Murdiningsih meminta kepada dinkes untuk memastikan program vaksinasi polio berjalan dan tepat sasaran.

Seperti diketahui, selama dua pekan, Dinkes akan menggelar program vaksinasi polio kepada anak usia 0 hingga 7 tahun 11 bulan di Kabupaten Brebes. Ini untuk mengantisipasi adanya anak yang terkena polio.

“Jadi, dinkes kami minta untuk mensosialisasikan program Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub PIN) Polio ini ke masyarakat. Apalagi vaksin polio ini untuk kekebalan tubuh dari virus Polio,” ungkapnya, Rabu 10 Januari 2024 menanggapi program vaksinasi polio.

Politisi PDI-Perjuangan ini, mendorong agar setiap posyandu-posyandu di desa untuk mensosialisasikan ke masyarakat. Selain ke posyandu, dinkes juga diminta untuk kordinasi dengan pihak sekolah, sehingga anak-anak yang usianya masih masuk pada sasaran program vaksinasi polio bisa terjangkau.

BACA JUGA:  212.547 Anak di Brebes Jadi Sasaran Pemberian Vaksin Polio Serentak, Selama 2 Pekan

"Jika cakupannya belum maksimal, saya harap peran aktif masyarakat. Karena vaksin Polio ini wajib. Sehingga program vaksinasi polio massal bagi anak ini berjalan lancar," imbuhnya. 

Dalam kesempatan itu, dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk ikut aktif dalam menyukseskan program vaksinasi polio. Selain itu, dirinya juga mengajak warga untuk menjalankan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Salah satunya agar tidak Buang Air Besar (BAB) sembarangan.

“Nanti anak-anak saat vaksin mendapat 2 tetes vaksin imunisasi polio mulai 15 Januari 2024. Makanya kami meminta komitmen bersama sukseskan program ini,” tutupnya. 

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 212.547 anak di Kabupaten Brebes menjadi sasaran pemberian vaksin polio oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat. Hal ini menyusul temuan penyebaran polio di Klaten, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan Sleman, Provinsi Yogyakarta.

Kepala Dinkes Kabupaten Brebes Ineke Tri Sulistyowati mengatakan, Senin 15 Januari mendatang akan digelar program vaksinasi polio kepada anak usia 0 hingga 7 tahun 11 bulan. Di mana, target sasaran mencapai 212.547 anak. (*)

Sumber: