5 Perbedaan Paylater dan Pinjol yang Mesti Kamu Ketahui, Lebih Unggul yang Mana?

5 Perbedaan Paylater dan Pinjol yang Mesti Kamu Ketahui, Lebih Unggul yang Mana?

Ilustrasi. Perbedaan paylater dan pinjol--

RADAR TEGAL - Meskipun paylater dan pinjol ini istilahnya “ngutang” dulu tetapi ternyata ada perbedaannya loh. Perbedaan paylater dan pinjol akan kita bahas pada artikel ini, supaya gak bingung lagi.

 

Antara paylater dan pinjol jika kita lihat memang memudahkan pengguna melakukan sebuah transaksi terlebih dahulu dan membayar di kemudian hari sesuai dengan jatuh temponya. Namun tentunya terdapat perbedaan paylater dan pinjol, apa saja?

 

Berikut ini adalah 5 perbedaan paylater dan pinjol yang mesti kamu ketahui. Simak sampai akhir untuk memahaminya dengan baik.

 

Dengan mengetahui perbedaan paylater dan pinjol, harapannya kamu bisa lebih bijak untuk menggunakannya. Berikut ini penjelasannya.

BACA JUGA: Cara Bayar Shopee Paylater dengan Mudah dan Anti Kena Denda

Perbedaan paylater dan pinjol

1. Metode Transaksi

 

Perbedaan yang menonjol yakni paylater digunakan untuk membeli barang di e-commerce dengan sistem belanja sekarang bayar nanti. Nantinya pengguna membayar tagihan beserta suku bunga dengan pilihan tenor bervariasi mulai dari 1,3,6 hingga 12 bulan.

 

Sedangkan pinjol adalah platform tempat peminjaman uang secara instan dengan jumlah berapapun sesuai dengan limit. Nantinya kamu kembalikan dalam jangka waktu yang sesuai ditentukan.

 

2. Bunga Pinjaman

 

Antara paylater maupun pinjol memiliki tingkat suku bunga yang berbeda tergantung pada penyedia layanannya. Oleh karena itu sebaiknya memilih bunga yang lebih rendah, supaya nanti saat adanya keterlambatan tidak terlalu memberatkan.

 

3. Tingkat Keamanan

 

Jika kita lihat paylater sering dianggap lebih aman dibandingkan dengan pinjol, karena memang dikelola oleh lembaga pembiayaan terpercaya seperti bank maupun multifinance. Sedangkan pinjol biasanya yang legal telah resmi diawasi oleh OJK dan dijamin keamanannya, tetapi di sisi lain masih ada banyak pinjol ilegal yang sulit diawasi dan memiliki banyak resiko mengerikan.

BACA JUGA: Cara Lolos Verifikasi Shopee Paylater Tanpa Persyaratan Tambahan, Langsung ACC dalam Hitungan Menit

4. Pihak yang Terlibat

 

Selanjutnya adalah pihak yang terlibat. Jika paylater dengan sistem belanja sekarang bayar nanti dan terlibat pihak transaksi yakni pengguna jasa, penyedia dana, e-commerce. Sedangkan pinjol yang terlibat hanya dua pihak yakni penyedia dana dan peminjam saja.

 

5. Tujuan Penggunaan

 

Fitur paylater biasanya digunakan untuk mempermudah penggunaan untuk belanja sekarang bayar nanti. Selain belanja bisa digunakan untuk membeli tiket kereta, kuota internet, nginep di hotel dengan memilih opsi paylater untuk menunda pembayaran hingga tanggal jatuh tempo.

 

Sedangkan pinjol adalah lembaga pembiayaan yang bukan bank dan dapat diakses secara online kapanpun dan dimanapun. Pengguna bisa meminjam uang tanpa harus bertransaksi di platform belanja.

 

Demikian perbedaan paylater dan pinjol, menurutmu manakah yang lebih unggul? Tentunya keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. (*)

Sumber: