Cara Menggunakan AC saat Hujan agar Tetap Awet dan Performa Tetap Baik

Cara Menggunakan AC saat Hujan agar Tetap Awet dan Performa Tetap Baik

Cara Menggunakan AC saat Hujan agar Tetap Awet--freepik and personal editing By Canva

RADAR TEGAL - Cara menggunakan AC saat hujan sebenarnya masih sama dengan saat-saat biasa. Namun, ada beberapa hal yang mungkin bisa kamu perhatikan untuk membuat AC kamu lebih awet saat musim hujan.

Cara menggunakan AC saat hujan ini penting kamu perhatikan untuk menghindari hal yang tidak ingin terjadi. Biasanya saat perindahan musim kita masih kesulitan untuk beradaptasi karena dari musim panas ke hujan tentunya mebutuhkan waktu.

Untuk menghadapi hal itu cara menggunakan AC saat hujan ini perlu kamu tahu agar bisa membuat AC kamu tetap awet dan bekerja. Jika kamu melakukan hal yang salah tentunya AC akan memikiki performa yang menurun dan bahkan bisa membuatnya rusak saat pemakaian.

Pada artikel ini radartegal.disway.id akan membahas tentang cara menggunakan AC saat hujan di tahun 2024. Perhatikan cara-cara berikut ini untuk menghindari kerusakan yang terjadi di musim hujan.

BACA JUGA:6 Rekomendasi AC 1/2 PK Terbaik 2024 untuk Ruangan Dingin dan Sejuk, Nomor 3 Paling Laris di Pasaran

BACA JUGA:Cara Menggunakan AC Portable agar Tetap Awet dan Cepat Dingin, Nomor 1 Jadi Kendala Utama

Cara menggunakan AC saat hujan agar tetap awet

1. Atur ke suhu yang ideal

Ketika musim hujan tentunya udara akan semakin dingin karena curah hujan yang tinggi. Untuk menjaga agar AC tetap memiliki performa yang baik dan efektif, perlunya pengaturan suhu pada saat musim hujan ini.

Pengaturan suhu yang tepat pada musim hujan adalah yang tidak terlalu dingin karena akan membuat kelembapan di ruangan meningkat. Sebaiknya kamu menyalakan AC pada suhu yang tepat di angka 24 celcius sampai 26 celcius saja.

2. Bersihkan filter udara

Selanjutnya, kamu bisa memperhatikan filter udara yang ada saat musim hujan. Filter udara saat memasuki musim hujan tentunya meninggalkan debu dan kotoran di dalamnya pada saat musim panas.

Untuk menghilangkannya tentu kamu harus membersihkannya dengan menggunakan air. Tujuannya adalah untuk membuat kinerja AC dinding ini tetap maksimal saat musim hujan, biasanya filter harus kamu bersihkan minimal 2 bulan sekali.

BACA JUGA:5 AC Pintar Terbaik dengan Fitur IoT, Bisa Kamu Kendalikan Lewat Smartphone, Cek Selengkapnya

3. Cara menggunakan AC saat hujan: gunakan mod dry

Saat musim hujan, mengaktifkan mode kering atau dry pada AC dapat membantu menjaga kualitas udara di dalam ruangan. Ini karena mode kering membantu mengurangi kelembapan di udara, yang pada gilirannya dapat mencegah embun muncul pada permukaan AC. Dengan mengurangi kelembapan, risiko munculnya jamur di dalam ruangan dapat diminimalkan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengaktifkan mode kering agar kondisi udara di dalam ruangan tetap terjaga selama musim hujan.

 

Mengaktifkan mode kering pada AC tidak hanya menjaga kelembapan udara pada tingkat yang ideal, tetapi juga menghindari kelembapan berlebihan. Embun yang terbentuk pada permukaan AC dapat menjadi tempat yang ideal bagi jamur untuk berkembang biak.

4. Periksa komponen AC outdoor

Sumber: