Cara Memilih Motor Listrik Murah, Biar Dapat yang Murah Tapi Bukan Murahan

Cara Memilih Motor Listrik Murah, Biar Dapat yang Murah Tapi Bukan Murahan

Cara Memilih Motor Listrik Murah --

RADAR TEGAL – Polusi udara yang tidak baik di Indonesia kini semakin meningkat apalagi di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Untuk menghindari hal tersebut, tercetuslah motor listrik murah yang ramah lingkungan, berikut penjelasannya.

Tahukah Anda bahwa saat ini terdapat pilihan motor listrik murah. Bahkan beberapa merek ojek online juga sudah menggunakan motor listrik sebagai pilihan armada Mereka untuk membawa penumpang.

Pilihan motor listrik murah juga didasari karena masuk sebagai kendaraan yang terbilang ramah  lingkungan karena menggunakan teknologi listrik. Sehingga tidak terdapa emisi gas buang dalam penggunaannya.

Seperti yang Anda ketahui bahwa motor listrik tersedia dalam beragam pilihan harga mulai dari belasan jutahingga puluhan juta rupiah. Namun, pada artikel ini akan membahas mengenai cara memilih motor listrik murah.

BACA JUGA: Review Motor Listrik Alva Cervo, Dibanderol Mulai Rp37 Juta Tawarkan Berbagai Keunggulan

Cara Memilih Motor Listrik Murah

1. Pilihlah motor listrik dengan baterai SLA yang harganya lebih terjangkau

Pada sepeda motor listrik terdapat dua jenis baterai yang digunakan yakni baterai timbal dan lithium.

Baterai timbal atau lead-acid (SLA) terkenal dengan nama aki. Jenis baterai SLA ini merupakan jenis baterai isi ulang yang terkenal murah dan mudah Anda daur ulang.

Sehingga, motor listrik murah yang menggunkaan baterai SLA bisa dijual dengan murah sekitar belasan juta.

Meskipun harganya murah, namaun kapasitas baterai SLA tidak sebesar baterai lithiu,. Bobot dari baterai SLA juga lebih berat dibandingkan dengan baterai lithium.

BACA JUGA: Motor listrik Polytron Fox R, Kombinasi Gaya Hidup Modern dan Peduli Lingkungan

2. Kenali spesifikasi motor listrik murah

Tahukah Anda bahwa mencair spesifikasi motor listrik menjadi poin terpenting, lho. Meskipun harganya murah, sebisa mungkin Anda memilih motor litrik dengan spesifikasi terbaik, ya. Berikut ini spesifikasi motor listrik yang perlu menjadi bahan pertimbangan untuk Anda.

  1. Mencari tahu mengenai kecepatan maksimal motor listrik. Motor listrik yang terbilang murah biasanya memiliki kecepatan maksimal sekitar 50 km/jam. Perlu Anda ketahui, makin cepat motor laju motor listrik, makin panas pula baterai di dalamnya. Usahakan juga untuk tidak memacu motor listrik terlalu cepat karena motor listrik tidak dirancang untuk melaju dengan sangat cepat.
  2. Daya motor menentukan performa motor. Daya motor akan menentukan tenaga motor listrik. Satuan daya dinilai dengan watt.
  3. Jarak tempuh maksimal yang bisa ditempuh motor sampai baterai habis. Jarak tempuh maksimal ini adalah perkiraan jarak yang bisa ditempuh motor listrik dengan pengendara saja. Adanya barang bawaan, penumpang, serta kecepatan akan memengaruhi jarak tempuh maksimal tersebut.
  4. Pastikan kapasitas angkut motor listrik. Motor listrik dapat mengangkut beban sampai 150 kg. Makin berat beban yang diangkut, makin lamban pula kecepatannya.

BACA JUGA: 18 Daftar Motor Listrik Subsidi di Bawah 10 Jutaan, Berikut Cara untuk Mendapatkan Subsidi Pembeliannya

3. Cari tahu mengenai performa motor listrik murah

Dengan harga murah dan tampilan yang menarik maka motor listrik murah bisa menggoda Anda untuk membelinya. Namun, jangan sampai Anda mendapatkan motor listrik murah dan murahan, ya.

Supaya terhindar dari hal tersebut, Anda perlu mengetahui mengenai performa motor listrik murah yang akan Anda beli.

Anda bisa melihatnya dari review di channel YouTube yang membahas mengenai otomotif.

Pastikan juga reviewrsnya membahas mengenai kelebihan dan kekurangan motor tersebut, supaya bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda.

Demikian ulasan mengenai motor listrik murah. Semoga bermanfaat bagi Anda. (*)

Sumber: