Tanda-Tanda AC Rusak yang Harus Segera Anda Perbaiki, Salah satunya Freon bocor

Tanda-Tanda AC Rusak yang Harus Segera Anda Perbaiki, Salah satunya Freon bocor

Tanda - Tanda AC Rusak yang Harus Segera Anda Perbaiki, Salah satunya Freon bocor--

RADAR TEGAL- Bagi Anda pengguna AC maka sangat penting untuk mengetahui tanda-tanda AC rusak. Awal AC rusak memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi masalah sejak dini.

Dengan segera mengatasi masalah tersebut, Anda dapat mencegah kerusakan lebih lanjut pada komponen AC. Karenanya, mengetahui tanda-tanda AC rusak dan langsung Anda atasi juga dapat menghemat budget Anda loh.

Karena dapat mencegah masalah yang lebih serius yang mengakibatkan biaya perbaikan yang lebih tinggi di masa depan. Tanda-tanda AC Rusak perlu Anda ketahui agar tidak menganggu kenyamanan Anda dan kesehatan Anda.

Karena AC yang rusak dapat menyebabkan sirkulasi udara yang buruk sehingga  dapat mempengaruhi kesehatan pernapasan. Lantas apa saja tanda-tanda AC rusak?

BACA JUGA: Cara Membersihkan AC Portable dengan Mudah dan Benar, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

1. Udara yang Tidak Dingin

Jika AC Anda tidak lagi menghasilkan udara dingin seperti biasanya, ini bisa menjadi tanda bahwa ada masalah dalam sirkulasi refrigeran atau komponen pendinginan lainnya. Terlebih apabila mengeluarkan Udara Panas

Karena apabila AC Anda malah mengeluarkan udara panas, itu bisa menandakan masalah. AC seharusnya mengeluarkan udara dingin untuk membuat ruangan lebih sejuk

Periksa pipa dan penutup pipa untuk memastikan apakah ada kebocoran atau komponen yang rusak. Ganti bagian yang rusak agar AC dapat mengeluarkan udara dingin kembali.

2. Bau Tidak Sedap

Tanda tanda AC rusak yang kedua yakni munculnya bau tidak sedap dari AC. Bau ini biasanya muncul ketika AC sedang berjalan atau baru saja berjalan.

kemungkinan dari penyebab itu adalah adanya jamur pada jalur saluran udara. Untuk mengatasinya kamu bisa melakukannya sendiri dengan membersikan saluran udara tersebut.

3. Tagihan Listrik Bertambah

Beberapa orang tidak sadar bahwa tagihan listrik yang bertambah ini bisa menandakan adanya kerusakan pada AC. Hal ini ketika kamu menggunakan AC pada situasi yang sama dengan mode yang sama tapi tagihan listrik bertambah tinggi.

Untuk mengatasinya tentunya kamu perlu memanggil tukang servis AC. Jika terlalu lama dibiarkan tentunya akan membuat kamu kewalahan membayar listrik.

4. Tanda Tanda  AC Rusak dengan Mengeluarkan Suara

Suara yang berbunyi saat menyalakan AC itu sangat wajar. Akan tetapi, ketika AC tesebut berbunyi saat berjalan itu bisa menandakan kerusakan.

Sumber: