4 Modus Penipuan yang Sering Ada di Aplikasi Pinjol Ilegal, Bisa Curi Data dan Retas Ponsel

4 Modus Penipuan yang Sering Ada di Aplikasi Pinjol Ilegal, Bisa Curi Data dan Retas Ponsel

4 modus penipuan yang sering ada di aplikasi pinjol ilegal-freepik-

RADAR TEGAL – Ketahui 4 modus penipuan yang sering ada di aplikasi pinjol ilegal. Jebakan dari pinjaman online ilegal ini bisa sangat merugikan jika sampai Anda install aplikasinya di smartphone Anda.

Modus penipuan di aplikasi pinjol ilegal ini perlu diketahui semua orang yang berniat mengajukan pinjaman uang pribadi. Sebab, masih ada sejumlah oknum nakal yang mengatasnamakan OJK pada aplikasinya yang padahal belum resmi.

Selain itu, modus penipuan di aplikasi pinjol ilegal ini berisiko akan adanya kebocoran data pribadi yang bersifat rahasia sampai peretasan pada perangkat pengguna. Belum lagi beban hutang yang akan ditanggung.

Berikut kenali 4 modus penipuan yang sering ada di aplikasi pinjol ilegal. Jangan asal mengunduh aplikasinya agar terhindar dari sejumlah risiko yang mungkin terjadi.

4 modus penipuan yang sering ada di aplikasi pinjol ilegal

Mengajukan pinjaman pribadi haruslah dengan teliti, yaitu pertama harus memastikan layanan tersebut sudah terverifikasi OJK. Hal ini untuk menghindari adanya beberapa dampak buruk yang bisa saja terjadi pada nasabah.

BACA JUGA : Cara Bebas dari Hutang Pinjol Legal dan Ilegal, Aman dari Teror dan Kejaran Debt Collector

Mulai dari suku bunga yang tinggi, biaya tambahan tersembunyi, praktik penagihan tidak beretika, sampai adanya penyalahgunaan data pribadi. Maka dari itu, jangan sampai Anda tertipu dengan jebakan aplikasi pinjol ilegal seperti di bawah ini.

1. Menyematkan link malware tersembunyi

Bukan hal yang baru lagi jika aplikasi pinjol ilegal bisa saja menyematkan link malware. Perlu Anda tahu, link ini sangat berbahaya jika sampai ada di ponsel Anda karena data-data pribadi apapun bisa rawan dicuri oleh oknum nakal.

Belum lagi ponsel Anda akan mengalami kerusakan fatal yang merusak jaringan perangkat yang digunakan. Biasanya link ini akan diletakan pada halaman aplikasi pinjol.

2. Pinjaman dicairkan sebelum persetujuan peminjam

Jebakan aplikasi pinjol ilegal berikutnya yaitu mencairkan uang pinjaman bahkan sebelum adanya persetujuan dari si peminjam.

BACA JUGA : 5 Hal yang Membuat Pinjol Blacklist Nasabahnya dan Sama Sekali Tidak Bisa Pinjam Uang

Sumber: