Jadi BUMDes Terbaik III Nasional, Berkah Tirto Guci Dapat Stimulasi Anggaran Rp50 Juta

Jadi BUMDes Terbaik III Nasional, Berkah Tirto Guci Dapat Stimulasi Anggaran Rp50 Juta

APRESIASI - Bupati Tegal Umi Azizah memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih Berkah Tirto Guci sebagai BUMDes terbaik III nasional.-HERMAS PURWADI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Berhasil menjadi BUMDes terbaik III nasional, Berkah Tirto Guci mendapat apresiasi dari Bupati Tegal Umi Azizah. Selain menjadi terbaik III, Badan Usaha Milik Desa tersebut juga menjadi BUMDes terfavorit nasional di ajang Lomba Desa Wisata Nusantara tahun 2023.

Atas prestasi sebagai BUMDes terbaik III nasional, Bupati Tegal menyerahkan penghargaan stimulasi anggaran pembangunan sebesar Rp50 juta. Bupati menyerahkan penghargaan tersebut secara langsung, Rabu 3 Januari 2024.

Direktur BUMDes Berkah Tirto Guci Imamudin melalui Unit Pariwisata Alie Burhan menyatakan, pihaknya dan jajaran BUMDes lainnya meneruskan kepengurusan lama. Pengurus saat mulai aktif di BUMDes terbaik III nasional tersebut sejak 11 Juni 2023 lalu.

Di Lomba Desa Wisata Nusantara tersebut, pihaknya berhasil masuk 40 besar dari 2000 lebih yang mengikuti Lomba Desa Wisata Nusantara. Sebelum menjadi BUMDes terbaik III nasional, pihaknya hanya mematok target bisa masuk 15 besar.

BACA JUGA:Desa Wisata di Kabupaten Tegal Banyak yang Mati Suri, Ini Kata Bupati Umi Azizah

"Wisata yang kami kelola ada Curug Derwiti yang kemarin sempat kami ajukan untuk mengikuti Lomba Desa Wisata Nusantara, yang kebetulan salah satu syaratnya harus dikelola BUMDes," terangnya.

"Dari pencapaian yang kita perjuangkan untuk meraih yang terbaik, alhamdulillah sesuatu yang mengagetkan kita ada kabar dan ada undangan untuk menghadiri acara malam Anugerah Lomba Desa Wisata Nusantara di Lombok NTB. Dan tidak disangka-sangka ternyata harapan kami hanya masuk ke 15 besar, kami malah berada di tingkat juara 3 dan juara terfavorit se Indonesia,"ungkapnya.

Berkat kerja sama teman teman BUMDes pihaknya mendapatkan kado terindah di penghujung tahun 2023, dan berharap kedepan bisa mengikuti lomba lainnya agar bisa lebih maju, mandiri, dan berkembang. 

Setelah menjadi BUMDes terbaik III nasional, bupati berharap prestasi ini bisa menjadi pilot project BUMDes yang ada di Kabupaten Tegal. Hal ini seperti diungkap Kepala Dinas Permades Teguh Mulyadi.

BACA JUGA:Gratis! Toilet Umum di Obyek Wisata Kota Tegal Tidak Dipungut Biaya

Menurutnya, selain BUMDes yang berhasil menjadi BUMDes terbaik III nasional, saat ini di Kabupaten Tegal tercatat ada 254 BUMDes.

"Dengan prestasi awal ini diharapkan semua BUMDes yang ada di  Kabupaten Tegal bisa terpacu meningkatkan BUMDes-nya sesuai dengan bentuk layanan yang digulirkan," ujarnya. (*)

Sumber: