Puncak Arus Balik Libur Nataru, 29.000 Penumpang Naik Kereta Api dari Stasiun di Daop IV Semarang

Puncak Arus Balik Libur Nataru, 29.000 Penumpang Naik Kereta Api dari Stasiun di Daop IV Semarang

NAIK- Sejumlah penumpang hendak naik kereta api dari salah satu stasiun di Daop IV Semarang--

RADAR TEGAL - Puluhan ribu penumpang tercatat naik kereta api dari sejumlah stasiun di wilayah Daop IV Semarang. Itu, terjadi pada puncak arus balik libur Natal dan Tahun baru (Nataru) Senin 1 Januari 2024.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menyampaikan selama periode nataru pada 21 Desember 2023-1 Januari 2024 tercatat 293.884 penumpang yang naik kereta api dari sejumlah stasiun. Atau rata-rata sebanyak 24.490 per hari.

Menurut Franoto, puncak arus balik terjadi pada Senin 1 Januari 2024 kemarin. Dengan jumlah penumpang yang naik kereta api dari sejumlah stasiun di Daop IV Semarang sebanyak 29.761 penumpang.

"Ada 29.761 penumpang yang naik kereta api dari sejumlah stasiun di Daop IV Semarang pada puncak arus balik. Atau, pada 1 Januari 2024 kemarin,"katanya.

BACA JUGA: 9.000 Penumpang Kereta Api dari Jabodetabek Gagal Berangkat Saat Libur Nataru

Untuk penumpang naik tertinggi pada hari tersebut, kata Franoto, terjadi di Stasiun Semarang Tawang. Dengan jumlah penumpang yang naik ada sebanyak 7.972 pelanggan.

Kemudian, dilanjutkan Stasiun Semarang Poncol sebanyak 7.084 pelanggan, Tegal sebanyak 4.849 dan Pekalongan sebanyak 3.182. Sedangkan untuk Stasiun Pemalang 1.792 dan Cepu 1.573.

"Jumlah penumpang pada periode tersebut meningkat 45 persen jika dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Yakni, sebanyak 202.509 pelanggan,"ujarnya. 

Franoto memperkirakan, meningkatnya volume penumpang yang naik kereta api dari stasiun di Daop IV Semarang dikarenakan beberapa hal. Salah satunya karena kondisi pandemi yang semakin membaik.

BACA JUGA: Penumpang Kereta Api Sudah Bisa Rapid Test di Stasiun, Penumpang: Biayanya masih Kemahalan

"Selain itu, minat pelanggan yang semakin tinggi juga diperkirakan adanya sejumlah peningkatan pelayanan yang KAI lakukan. Seperti peremajaan sarana serta penambahan KA-KA baru dan fasilitas-fasilitas lainnya, dan tentunya bebas dari kemacetan,”jelas Franoto.

Franoto mengungkapkan, selama periode tersebut, ada beberapa rute favorit penumpang. Antara lain, Semarang - Jakarta, Semarang - Surabaya, Semarang - Tegal, Semarang - Bandung, dan Semarang - Purwokerto.

Sementara keterisian tempat duduk, ujar Franoto, untuk periode 2 hingga 7 Januari 2024, okupansinya rata-rata baru terisi 41 persen. Dari sisa tempat duduk yang disediakan total sebanyak 120.416 atau 20.069 tempat duduk per harinya.

"KAI tetap mengimbau kepada seluruh pelanggan agar memakai masker dan menjaga kebersihan. Dengan cara rutin mencuci tangan untuk menjaga diri dari virus-virus yang berpotensi menjangkit seperti Covid-19,"ujarnya.

Sumber: