Kenali Penyebab Umum Aki Sepeda Motor Cepat Habis, Agar Performa Kendaraan Tetap Optimal

Kenali Penyebab Umum Aki Sepeda Motor Cepat Habis, Agar Performa Kendaraan Tetap Optimal

Foto: Penyebab aki sepeda motor cepat drop/Tangkapan layar needpix.com--

RADAR TEGAL Aki sepeda motor merupakan komponen penting pada sepeda motor yang berfungsi untuk menyuplai daya listrik ke komponen-komponen kelistrikan, seperti lampu, starter, dan ECU. Jika aki mengalami penurunan performa, maka dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti kesulitan menyalakan motor, lampu redup, dan sistem kelistrikan lainnya tidak berfungsi.

Kinerja sepeda motor yang baik tidak hanya membutuhkan bahan bakar yang cukup, tetapi juga suplai listrik yang mumpuni. Oleh karena itu, pengendara perlu memahami faktor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan aki sepeda motor mengalami penurunan performa.

Dengan memahami faktor-faktor tersebut, pengendara dapat mengantisipasi potensi masalah dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan. Di bawah ini sudah kami rangkumkan penyebab aki sepeda motor mengalami penurunan performa.

Berikut adalah beberapa penyebab aki sepeda motor cepat drop:

BACA JUGA:Kenali Tanda-tanda Aki Motor Rusak, Tidak Perlu Panik, Coba Colok Alat Ini Dijamin Sehat Lagi

1. Kumparan stator atau spul rusak

Kumparan stator atau spul berfungsi untuk menghasilkan daya listrik saat mesin berputar. Jika kumparan stator rusak, maka aki tidak akan mendapatkan asupan listrik yang cukup.

2. Rectifier regulator (kiprok) bermasalah

Rectifier regulator berfungsi untuk mengatur kapasitas listrik yang dialirkan ke aki. Jika rectifier regulator bermasalah, maka arus listrik yang masuk ke aki tidak dapat diatur dengan baik.

Akibatnya, aki sepeda motor dapat mengalami kelebihan atau kekurangan daya.

3. Sepeda motor jarang digunakan

Aki akan selalu mengalirkan daya listrik meskipun sepeda motor sedang tidak digunakan. Hal ini dapat menyebabkan aki sepeda motor cepat drop jika sepeda motor jarang digunakan.

4. Perawatan aki sepeda motor yang tidak tepat

Terminal aki yang kotor atau kekurangan air dapat menyebabkan aki cepat drop. Terminal aki yang kotor dapat menghambat aliran daya listrik, sedangkan aki yang kekurangan air dapat menyebabkan reaksi kimia di dalam aki tidak dapat dilakukan dengan sempurna.

Sumber: