Berapa Lama Pinjol Ilegal Akan Sebar Data? Berikut Jawaban dan Cara Melaporkannya

Berapa Lama Pinjol Ilegal Akan Sebar Data? Berikut Jawaban dan Cara Melaporkannya

Ilustrasi. Berapa lama pinjol ilegal sebar data?--

RADAR TEGAL- Harap waspada bagi masyarakat awam agar tidak masuk ke lubang pinjol ilegal karena sangat berbahaya. Namun jika sudah terlanjur, berapa lama pinjol ilegal akan sebar data?

 

Resiko paling mengerikan dari pinjol ilegal yakni data pribadi Anda bisa disebar di media sosial loh. Tapi berapa lama pinjol ilegal akan sebar data?

 

Seperti kita tahu pinjol ilegal merupakan tempat peminjaman uang tidak resmi dan tidak dinaungi oleh OJK, oleh karena itu rentan data pribadi kita tersebar. Buat yang penasaran berapa lama pinjol ilegal akan sebar data sebaiknya membaca artikel ini terlebih dahulu.

 

Berdasarkan informasinya berapa lama pinjol ilegal akan sebar data itu tidak ada waktu yang secara pasti data nasabah bisa disebarkan oleh pinjol ilegal. Bahkan beberapa pinjol ilegal kemungkinan menggunakan data pribadi nasabah untuk melakukan penagihan secara mengancam atau agresif.

BACA JUGA: 20 Daftar Pinjol Tidak Terdeteksi OJK, Pinjaman Cepat Cair namun Berbahaya

Karena itu sebaiknya masyarakat harus ekstra hati-hati jika terkena pinjol ilegal sebaiknya lakukan sebuah tindakan jika memang merasa data pribadi kita terancam. Tapi perlu digarisbawahi jika sebar data biasanya nasabah telat membayar tagihan yang terdapat pada aplikasi pinjol ilegal.

 

Pinjol ilegal biasanya menawarkan kepada nasabah secara paksa, mereka akan melakukan penawaran berulang kali melalui telepon atau pesan singkat. Dan bahkan yang paling mengejutkan jika kita terjebak pinjaman ilegal dan telat membayar, maka suku bunga melejit tinggi.

 

Bahkan pinjol ilegal tidak menjelaskan secara pasti sumber dananya dari mana, tapi nasabah diiming-imingi uang cepat cair. Dan biasanya mereka akan melakukan meminta uang tambahan atau dp terlebih dahulu dengan alibi pinjaman nasabah akan segera cair.

 

Karena itu zaman sekarang banyak kasus gara-gara pinjol ilegal mereka berani melakukan bunuh diri. Sebaiknya kita lebih baik menghindari yang namanya pinjol ilegal.

BACA JUGA: Mengajukan Keringanan Cicilan Pinjol, Solusi Paling Bijaksana untuk Menghindari Gagal Bayar

Tips menangkal pinjol ilegal akan sebar data

Tips jika terjadi sebar data nasabah, apa yang harus kita lakukan? Ini langkah–langkah yang bisa nasabah lakukan yakni:

 

1. Lapor ke OJK

Hal yang pertama dilakukan ialah melaporkan ke lembaga otoritas jasa keuangan dengan menghubungi melalui email [email protected] atau langsung ke nomor WhatsApp 081157157157.

 

Saat mengadukan masukkan laporan tentang pinjol ilegal, aktivitas terlarang dan bukti- bukti yang ada.

 

2. Pihak kepolisian

 

Jika Anda telah diancam kekerasan atau data pribadi disebar sebaiknya lapor ke pihak kepolisian dengan cara klik situs di patrolisiber.id dan bisa juga melalui email [email protected].

 

3. Kominfo

 

Dan hal terakhir yang dilakukan adalah melaporkan ke kominfo, Anda bisa mengadukan keresahan pinjol ilegal melalui klik situs aduankonten.id atau melalui email [email protected] 

BACA JUGA: 5 Daftar Pinjol Bunga Rendah Resmi OJK 2023 Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Demikian artikel tentang berapa lama pinjol ilegal akan sebar data, yang bisa dijadikan rujukan nasabah untuk mewaspadai praktik-praktik tersebut. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: