Tips Touring di Musim Hujan Ala Yamaha DDS 3 Jateng-DIY, Lebih Asyik Naik New Xmax

Tips Touring di Musim Hujan Ala Yamaha DDS 3 Jateng-DIY, Lebih Asyik Naik New Xmax

Yamaha XMAX Tech MAX yang sangat nyaman untuk perjalanan touring. (Foto: Istimewa) --

RADAR TEGAL - Beberapa hari kebelakang, bumi kita mulai diguyur hujan yang cukup membuat suasana lebih sejuk. Musim penghujan sepertinya sudah tiba, udara yang biasanya terasa membakar muka bumi perlahan kembali sejuk sepanjang hari.

Dahulu para bikers mungkin lebih senang menikmati suasana dinginnya hujan untuk bersantai di rumah sambil bercengkrama dengan komunitas dan secangkir kopi.

Ungkapan yang mengatakan “musim hujan datang, motor masuk kandang” sudah ketinggalan jaman dan tidak berlaku lagi. Dan kini saatnya “hujan datang, sunmori (sunday morning ride) tetap jalan”.

Namun, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan demi keselamatan selama perjalanan, seperti disampaikan oleh Chief Yamaha DDS 3 Jateng-DIY Paul Himawan.

Menurutnya, banyak yang perlu dipersiapkan sebelum melaksanakan kegiatan touring saat musim hujan antara lain memeriksa kondisi kendaraan dan menyiapkan rute perjalanan.

“Yang penting tetap jaga kondisi fisik, dan perhatikan kondisi jalan saat hujan karena banyak lubang yang akan tertutup oleh genangan air dan pastinya lebih licin,” pesan Paul.

Berikut tips touring ala Yamaha DDS 3 Jateng-DIY yang perlu diperhatikan :

1. Rencanakan Rute Perjalanan.

Perencanaan rute perjalanan perlu benar-benar diperhatikan, apakah rute yang akan dilalui terkadang selain hujan juga akan turun kabut.

2. Periksa Lampu Kendaraan.

Pastikan kelistrikan dan lampu-lampu berfungsi dengan baik, karena apabila turun hujan, tetap bisa melakukan perjalanan dengan baik.

3. Periksa Komponen Penting Kendaraan.

Pastikan komponen-komponen vital kendaraan berfungsi dengan baik, kondisi ban dan tekanannya, rem berfungsi dengan maksimal, dan lain-lain.

4. Periksa Tekanan Udara Dalam Ban.

Pastikan tekanan udara standar sesuai rekomedasi pabrik.

5. Memakai Pakaian yang Tepat.

   Penggunaan pakaian yang tidak tepat akan mempengaruhi kenyamanan dalam perjalanan.

6. Menyiapkan Jas Hujan.

   Kelengkapan wajib di saat musim hujan, apalagi kalau melakukan perjalanan jauh.

7. Berkendara dengan kecepatan Normal.

   Karena kondisi jalan yang licin akibat air hujan, maka gunakan kecepatan dalam kondisi normal-normal saja.

8. Menjaga Jarak Aman.

Akibat curah hujan yang tinggi yang berimplikasi terhadap jarak pandang pengendara, maka atur jarak aman. Karena apabila kendaraan di depan kita melakukan pengereman mendadak, kita masih bisa bermanufer atau mengindarinya.

9. Hindari Menerabas Genangan Air.

Bikers mania, genangan air terkadang justru menjadi sarana yang asyik untuk bermain di saat musim, namun yang perlu diwaspadai adalah, apakah di dalam genangan air tersebut ada lubang atau batu yang tertutup air genangan, dan apabila ada salah satu atau dua-duanya ada, maka sangat membahayakan bagi pengendara.

10. Selalu Perhatikan Marka Jalan.

Apabila bikers mania berada di posisi tengah, perhatikan dengan seksama, apakah kendaraan kita melebihi marka, apabila sampai melebihi marka, maka kembalilah ke jalur anda agar aman dalam berkendara.

11. Jangan  Menghidupkan Mesin Saat Terjebak Banjir.

Pantangan bagi bikers menghidupkan mesinsaat terjebak banjir. Karena dikhawatirkan akan terjadi kerusakan atau konsleting pada kelistrikan di sepeda motor kesayangan Anda.

Lebih Asyik Touring dengan Yamaha XMAX Tech MAX

Yamaha menghadirkan varian terbaru yang menjadi varian tertinggi di kategori MAXI Yamaha, yaitu XMAX Tech MAX. Motor ini merupakan varian yang spesial, karena sebelumnya telah lebih dulu hadir di market Eropa dan sukses di sana.

Dilengkapi dengan komponen-komponen dan warna yang spesial, Yamaha XMAX Tech MAX dirancang secara khusus untuk menghadirkan nilai-nilai premium yang lebih kuat melalui tampilan gaya yang berbeda, kenyamanan maksimal, hingga fungsionalitas yang ditingkatkan.

Melalui desain yang mewah, kenyamanan maksimal, dan juga fungsionalitas yang ditingkatkan. Ini semua tentunya menciptakan kualitas berkendara di level tertinggi,” ungkap Hiroshi Takeyama, Director Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. saat menyampaikan kata sambutan dalam peluncuran varian baru tersebut.

Komponen special pada XMAX Tech MAX yang kental akan nuansa premium, dapat dijumpai pada beberapa bagian sepeda motor.

Pada bagian cockpit, sentuhan artistik dan mewah tersebut terletak pada komponen Jok dan juga Cover Lid Pocket yang menggunakan material sejenis kulit dengan pola jahitan beraksen emas.

Selain itu, komponen lain yang membuat varian ini berbeda dengan varian XMAX Connected adalah pada bagian handgrip yang memiliki embos logo Tech MAX, pijakan kaki yang menggunakan plat alumunium, serta spesial emblem Tech MAX yang melekat pada kedua sisi body motor.

Sementara dari sisi warna, varian anyar ini juga mengusung konsep special color, yaitu Magma Black yang secara visual terlihat unik, mewah dan maskulin.

Seperti halnya XMAX Connected, varian XMAX Tech MAX juga dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan terbaik dikelas skutik premium 250cc. Seperti Sistem Navigasi, TFT Infotainment System, Y-Connect, Sistem pengereman ABS hingga Traction Control System (TCS).

Pada bagian dapur pacu, motor ini ditenagai mesin Bluecore 250cc yang responsive dan bertenaga untuk mendukung berbagai macam kebutuhan mobilitas di segala medan. (*)

Sumber: