Bupati Tegal Lantik 47 Kades, Kasus Penggelapan PBB Sempat Disinggung

Bupati Tegal Lantik 47 Kades, Kasus Penggelapan PBB Sempat Disinggung

PELANTIKAN - Bupati lantik 47 kades, di Pendapa Amangkurat Pemkab Tegal, Senin 18 Desember 2023.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Bupati Tegal lantik 47 kades, Senin 18 Desember 2023. Pelantikan kepala desa itu dipimpin Bupati Umi Azizah, di Pendapa Amangkurat Pemkab Tegal.

Saat bupati Tegal lantik 47 kades, dirinyameminta agar kepala desa secepatnya beradaptasi hingga menyesuaikan diri karena sudah menjadi pemimpin desa.

"Pelajari betul bagaimana tata cara mengelola pemerintahan desa yang baik, yang beretika, dan terbuka serta tidak memberikan celah atau kesempatan terjadinya tindak pidana korupsi, termasuk pungli ke masyarakat dan ke pelaku usaha," kata bupati Tegal saat lantik 47 kades.

Bupati Tegal saat lantik 47 kades menyarankan, sebaiknya kades tidak ragu untuk selalu bertanya, belajar dengan pamong desa. Termasuk dengan desa lainnya yang memiliki praktik baik dalam tata kelola pemerintahan desa hingga mencapai hasil pembangunan yang baik.

BACA JUGA:Jelang Masa Purna, Bupati Tegal Sampaikan Pesan Berikut Ini

"Karena sesungguhnya tidak ada desa yang tertinggal, yang ada hanyalah desa yang lemah manajemen pemerintahannya," ujarnya.

Pada momen bupati tegal lantik 47 kades itu juga dibeberkan banyak contoh kasus penggelapan setoran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang dilakukan oleh oknum perangkat desa. Pungutan tanpa dasar yang jelas pada pengurusan administrasi yang kerap kali berakhir di meja hijau. 

"Maka dari itu, para kepala desa yang baru dilantik ini harus waspada, hindari praktik korupsi dan pungli," tegasnya.

Umi berpesan, dalam menjalankan roda pemerintahan desa melalui pelaksanaan program kerja pembangunan. Kunci suksesnya adalah selalu menjaga keharmonisan hubungan antar waga, tokoh agama hingga tokoh masyarakat sekitar.

BACA JUGA:Pemkab Tegal Raih Dua Penghargaan Meritokrasi KASN, Ini Kata Bupati Tegal Umi Azizah

"Saya minta agar kepala desa yang baru ini bisa memastikan jalinan kekerabatan, ikatan persaudaraan yang mungkin sempat renggang karena beda pilihan beberapa waktu lalu," ucapnya dalam sambutan ketika bupati tegal lantik 47 kades.

Demikian informasi terkait bupati Tegal lantik 47 kades hari ini. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: