Gempa Tegal Malam Ini, Ternyata Getaran Kedua Setelah Selasa Pukul 23.01 WIB

Gempa Tegal Malam Ini, Ternyata Getaran Kedua Setelah Selasa Pukul 23.01 WIB

GEMPA TEGAL- Gempa Tegal malam ini ternyata bukan yang pertama kali terjadi di bulan ini. -Tangkapan Layar-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Gempa Tegal malam ini, Jumat 15 Desember 2023 yang guncangannya terasa sampai Brebes dan Banyumas rupanya bukan kejadian pertama. Sebelumnya di hari Selasa, 12 Desember 2023.

Hal ini diketahui dari keterangan resmi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) yang menyebut jika di hari itu juga terjadi gempa seperti gempa Tegal malam ini. Hanya saja, kedalamannya lebih kecil dari sekarang.

Dalam keterangan tersebut, BMKG menulis jika kedalaman gempa di hari Selasa, 12 Desember 2023 adalah 10 km. Sementara di gempa Tegal malam ini kedalamannya 13 km.

Gempa Tegal malam ini sempat membuat panik sejumlah warga di Tegal, Brebes, Banyumas dan daerah lain yang merasakannya. Sementara untuk gempa bumi sebelumnya, BMKG menulis magnitudo yang lebih kecil.

BACA JUGA:Gempa Tegal Bikin Panik, Detik-detik Warga Berhamburan Keluar Bangunan Terekam Kamera CCTV

“Gempa Magnitudo 2,4, Selasa 12 Desember 2023 pukul 23:01 WIB Lokasi 7.14LS, 108.85BT (34 km Barat Daya Kabupaten Tegal. Kedalaman 10 Km,” kata BMKG dalam keterangan resminya.

Diketahui, gempa Tegal malam ini membuat sejumlah warga di Mejasem Barat Kabupaten Tegal sempat panik. Mereka langsung lari ke luar rumah masing-masing begitu merasakan getaran gempa yang guncang Kabupaten Tegal.

“Tidak lama, hanya beberapa detik saja. Saya langsung keluar rumah untuk meyelamatkan diri saat terasa ada guncangan,” ujar Sri Muryati, Warga RT 3 RW 15 Mejasem Barat.

Berbeda dengan Sri Muryati, warga lainnya mengatakan tidak merasakan adanya gempa Tegal malam ini.

BACA JUGA:Cerita Wahyu, Warga Brebes yang Rasakan Gempa Bumi Tegal: Sudah 2 Kali

“Saya gak kerasa apapun. Emang ada gempa ya?” tutur Warsana.

Sementara itu akun Twitter BMKG menyebut, gempa yang melanda wilayah Kabupaten Tegal, berkekuatan 4,3 Magnitudo. Dengan pusat gempa Tegal malam ini berada di 34 KM barat daya Kabupaten Tegal.

Gempa bumi tersebut berada pada kedalaman 13 KM. Belum ada keterangan dampak yang ditimbulkan akibat kejadian itu.

“Gempa Mag:4,3, 15-Dec-2023 21:24:34 WIB. Lok: 7.14 LS, 108.85 BT (34 km BaratDaya KAB-TEGAL-JATENG), kedlmn: 13Km,” cuit admin dalam infografis yang diunggah dalam akun Twitter tersebut.

Sumber: