Istimewa! Terima Penghargaan Pembina HAM Terbaik, Pemprov Jateng Jadi Penerima Terbanyak

Istimewa! Terima Penghargaan Pembina HAM Terbaik, Pemprov Jateng Jadi Penerima Terbanyak

PENGHARGAAN- Penghargaan pembina HAM terbaik itu diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly kepada Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana.-Istimewa-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Kembali menerima penghargaan pembina HAM terbaik, prestasi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) tahun ini lebih istimewa dari tahun sebelumnya. Pasalnya, Jateng menjadi provinsi penerima penghargaan dengan jumlah kabupaten/kota terbanyak berpredikat peduli HAM. 

Dari 35 kabupaten/kota di Jateng, ada 34 kabupaten/kota yang sudah memenuhi kepedulian terhadap HAM. Sehingga penghargaan pembina HAM terbaik tahun ini lebih istimewa dari biasanya. 

Pemprov Jateng menerima penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) sebagai provinsi terbaik dalam membina kabupaten/kota peduli HAM. Penghargaan pembina HAM terbaik itu diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly kepada Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana.

Penyerahan penghargaan pembina HAM terbaik bertepatan dengan Peringatan Hari HAM se-dunia ke -75 di Lapangan Banteng, Jakarta Minggu, 10 Desember 2023 malam. 

BACA JUGA:Pemilu 2024 di Depan Mata, Pemprov Jateng Koordinasi Kemenkumham untuk Lindung Hak Pilih Warga Binaan Lapas

Pemerintah mendorong Kabupaten/Kota Peduli HAM

Saat penyerahan penghargaan pembina HAM terbaik, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly mengatakan, kewajiban untuk melaksanakan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM merupakan tugas bagi setiap orang. 

Berkaitan dengan mandat tersebut, sudah menjadi kewajiban pemerintah dalam hal ini Kemenkumham, untuk hadir dan serius dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya di bidang hak asasi manusia.

 "Oleh karena itu, berbagai upaya dan program yang telah dilaksanakan pemerintah salah satunya dengan mendorong Kabupaten/Kota Peduli HAM," kata Yasonna. 

Penghargaan 5 provinsi terbaik

Banyaknya kabupaten/kota yang sudah berpredikat peduli HAM, menjadi salah satu indikator bagi Provinsi Jateng dalam memperoleh penghargaan pembina HAM terbaik. Selain itu, penilaian penghargaan ini  juga dilihat berdasarkan pemenuhan aspek hak sipil, hak politik, serta hak ekonomi dan sosial budaya.

BACA JUGA:Hattrick KUR Award, Jateng Kembali Jadi Provinsi Terbaik Penyalur KUR Nasional

"Jawa Tengah mendapatkan penghargaan lima provinsi terbaik, ini terkait dengan pembinaan dan pengembangan P5 (penghormatan, perlindungan, pemajuan, penegakan, dan pemenuhan) HAM,” kata Nana usai menerima penghargaan pembina HAM terbaik. 

Dalam kesempatan tersebut, Nana juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Purworejo dan Kanwil Hukum dan HAM Jateng juga menerima penghargaan.  

Sumber: