Harus Hati-Hati! Kemana Pinjol Ilegal Akan Sebar Data? Ini Jawabannya

Harus Hati-Hati! Kemana Pinjol Ilegal Akan Sebar Data? Ini Jawabannya

Ilustrasi. Kemana Pinjol ilegal akan sebar data?--Freepik

RADAR TEGAL- Pinjol Ilegal harus diwaspadai karena tidak aman dan tidak diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Namun jika Kamu terlanjur hutang, kemana Pinjol ilegal akan sebar data?

Pinjol ilegal akan sebar data jika Kamu memiliki tagihan yang belum dibayar dan bunga yang bertambah bisa berkali- kali lipat loh. Karena itu penyebab nasabah kesulitan membayar dan berisiko galbay.

 

Jika pinjol ilegal akan sebar data dan sudah terlanjur tentu merugikan nasabah. Oleh karena itu Anda perlu tahu ciri-ciri pinjol ilegal.

 

Berikut ini adalah ciri-ciri pinjol ilegal yang harus kamu ketahui agar aman dari sebar data oleh penyelenggara aplikasi terkait:

 

BACA JUGA: Awas! Aplikasi Pinjol Ilegal Tanpa KTP Mengintai, Kenali Bahaya dan Simak Lengkap Ciri-cirinya

 

1. Tanpa Syarat Apapun

 

Jika terdapat tawaran pinjaman uang tanpa syarat apapun harap waspada, bisa jadi itu pinjol ilegal yang akan menjebak Anda.Oleh karena itu sebaiknya jika ingin melakukan pinjaman harus tahu secara detail persyaratan yang jelas.

 

2. Syaratkan Uang Muka di Awal

 

Jika ada pinjol dengan syarat minta uang muka di awal harus Kamu tolak, hal itu tidak masuk akal karena pada umumnya pinjaman resmi tidak akan minta uang muka.

 

3. Perusahaan Tidak Jelas

 

Pinjol ilegal biasanya tidak jelas letak perusahaannya dimanahnya, oleh karena itu harus Anda hindari.

 

Selanjutnya, kemanakah pinjol ilegal akan menyebar data? Jawabannya adalah media sosial ataupun WhatsApp. Bahkan yang paling menyeramkan biasanya mereka mengancam foto nasabah dan foto KTP. 

BACA JUGA: Apakah Pinjol Bisa Menggunakan Rekening Orang Lain? Ini Penjelasan Lengkapnya

Yang paling bikin geleng kepala pinjol ilegal bisa mengakses galeri dan mengambil foto di hp untuk nantinya disebar. Selain sebar data, pinjol ilegal akan mengakses telefon untuk meneror mulai dari teman, keluarga nasabah.

 

Oleh karena itu jika Anda mengalami hal serupa alangkah baiknya harus melapor ke pihak berwajib ataupun ke OJK. 

 

Solusi paling tepat saat Kamu membutuhkan dana darurat yakni pinjol legal resmi yang telah diawasi OJK. Sudah dipastikan data diri Anda aman disana.

 

Selain itu pinjol legal juga bisa menawarkan limit tinggi dan jatuh tempo yang panjang hingga 12 bulan. Tapi jangan lupa untuk bayar tepat waktu yah.

 

Itulah jawaban pertanyaan kemana Pinjol ilegal akan menyebar data? Semoga membantu. (*)

Sumber: