Lewat Gorong-gorong 'Tangan Tuhan', Dandim Ajak Warga Buat Rehabilitasi Hutan Lindung

Lewat Gorong-gorong 'Tangan Tuhan', Dandim Ajak Warga Buat Rehabilitasi Hutan Lindung

Lewat gotong-royong 'Tangan Tuhan' Dandim Brebes mengajak warga untuk rehabilitasi hutan lindung di Brebes.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Sebanyak 2.500 batang pohon kembali ditanam di Hutan Lindung petak 16 A Dukuh Kaliwadas, Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampog. Penanaman tersebut melibatkan unsur TNI bersama seluruh masyarakat dan stakeholder terkait.

"Kini kami gerakan gotong royong ‘Tangan Tuhan’ Menuju Brebes Berhias, TNI beserta unsur terkait serta relawan kembali menanam pohon, semoga gerakan ini menyadarkan masyarakat," ucap Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Sapto Broto.

Dandim menyebutkan, penanaman pohon lindung tidak lain agar nantinya dapat menyerap air. Sehingga curah hujan yang tinggi dapat dialirkan ke dalam tanah untuk mencegah terjadinya banjir yang lebih besar.

Berbagai jenis tanam dalam kegiatan penanaman tersebut. Seperti pohon suren dan berbagai macam jenis buah-buahan.

BACA JUGA:48 Hektare Hutan Lindung Gunung Slamet Rusak, Bupati Larang Aktivitas Pertanian

"Diharapkan penambahan pohon ini bisa menambah estetika di Hutan Lindung Petak 16 A Desa Dawuhan dan mari kita jaga bersama-sama," ucapnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Brebes Laode Aris Vindar Nugroho menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak TNI, Polri dan organisasi masyarakat serta warga yang telah membantu penanaman pohon sebanyak 2.500 bibit pohon. Menurutnya, penanaman pohon ini diharapkan dapat menjaga hutan lindung agar tetap asri.

"Semoga upaya penanaman ini dapat mencegah terjadinya bencana, baik yang terjadi sekarang maupun yang akan datang," jelansya.

Aksi tanam pohon ini melibatkan kurang lebih 100 orang dari seluruh stakeholder terkait yakni unsur TNI, Polri, Pemkab Brebes, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Satpol PP, BPBD, FKPPI, Kecamatan Sirampog, Hipakad, PPM, MDMC, Karang Taruna, Pemdes Dawuhan, Relawan dan masyarakat.

Demikian informasi terkait rehabilitasi hutan lindung di Brebes. Semoga bisa menginspirasi dan bermanfaat. (*)

Sumber: