Segera Dibuka, 44.037 Lowongan Petugas KPPS Pemilu 2024 Brebes, Cek Syarat-syaratnya di Sini

Segera Dibuka, 44.037 Lowongan Petugas KPPS Pemilu 2024 Brebes, Cek Syarat-syaratnya di Sini

Rapat persiapan pembukaan lowongan petugas KPPS di Brebes--

RADAR TEGAL - Tahapan Pemilu 2024 terus berjalan. Tidak lama lagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Brebes akan segera mengumumkan pembukaan lowongan Petugas KPPS Pemilu 2024.

Setidaknya bakal ada puluhan ribu lowongan Petugas KPPS Pemilu 2024 yang akan dibuka. Namun, untuk bisa menjadi petugas KPPS, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, salah satunya syarat kesehatan.

Ada beberapa tahapan dalam pembukaan lowongan petugas KPPS Pemilu 2024. Pengumuman pembukaan akan dilakukan pada 11 Desember 2023 dan penerimaan pendaftarannya pada 11-20 Desember.

Selanjutnya, penelitian administrasi calon anggota KPPS 11-22 Desember 2023. Serta pengumuman hasil penelitian administrasi calon anggota KPPS 23-25 Desember.

BACA JUGA:Dinkes Kabupaten Brebes Minta Seleksi KPPS Diperketat, Antisipsi Kelelahan saat Pemilu

Tahapan selanjutnya, tanggapan dan masukan masyarakat pada 22-28 Desember. Selanjutnya, pengumuman hasil seleksi calon anggota KPPS 29-30 Desember serta penerapan dan pelantikan anggota KPPS pada 24-25 Januari 2024.

Ketua KPU Brebes Manja Lestari Damanik mengungkapkan jumlah lowongan petugas KPPS di Brebes sebanyak 44.037 orang. Sebab, nantinya mereka akan bertugas di 6.291 TPS.

"Nantinya ada 7 personel KPPS tiap TPS. Mereka mulai aktif bertugas sejak 25 Januari hingga 25 Februari 2024 mendatang,”katanya.

Menurut Ketua KPU Brebes, ada sejumlah persyaratan dalam proses rekrutmen tersebut. Salah satunya, anggota KPPS wajib lolos tes kesehatan dari 10 penyakit.

BACA JUGA:Petugas KPPS Akan Datangi Pasien Positif Covid-19 untuk Mencoblos

“Adapun 10 penyakit tersebut yakni, hipertensi, Diabetes Melitus, Tuberkulosis, stroke dan kanker. Kemudian penyakit jantung, ginjal, hati, paru-paru dan penyakit imun,”ujarnya.

Terkait hal ini, kata Manja Lestari Damanik, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan instansi terkait untuk test kesehatan dan administrasi. Sehingga, nanti akan disiapkan tim medis.

Menurut dia, fokusnya saat ini mengantisipasi sekaligus menyiagakan personel saat KPPS menjalankan tugas. Sehingga, nantinya bisa segera tertangani jika terjadi keluhan atau gangguan kesehatan.

Itulah informasi terkait dengan pembukaan lowongan petugas KPPS Pemilu 2024 di Kabupaten Brebes. Bagi anda yang berminat segera saja hubungi kantor KPU. (*)

Sumber: