Hadir di Muskomwil III Apeksi, Sekda Jawa Tengah Sebut Walikota Harus Bisa Lakukan Ini

Hadir di Muskomwil III Apeksi, Sekda Jawa Tengah Sebut Walikota Harus Bisa Lakukan Ini

APEKSI- Hadir di Musyawarah Komisariat Wilayahn (Muskomwil) III Apeksi, Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Tengah (Jateng) Sumarno menyebut walikota harus berfikir keras. -Istimewa-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Hadir di Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) III Apeksi, Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Tengah (Jateng) Sumarno menyebut walikota harus berfikir keras. Hal ini terutama dia tujukan pada masalah sampah perkotaan.

Hal ini disampaikan Sekda Jawa Tengah saat membuka Muskomwil III Apeksi di Hotel Swissbell Surakarta, Kamis, 7 Desember 2023.

Dalam Muskomwil III Apeksi, para walikota harus dapat berfikir keras mencari solusi untuk menangani persoalan sampah di perkotaan. Sebab, masalah sampah berdampak terhadap lingkungan, kesehatan, dan sektor lainnya.  

Karenanya, di Muskomwil III Apeksi, sekda meminta Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) mampu mengatasi persoalan perkotaan.

BACA JUGA:Benarkah Tenaga Honorer Masa Kerja 5 Tahun Akan Diangkat CPNS Tanpa Tes? Ini Kata APEKSI Komisariat V

"Banyaknya orang bermigrasi (berpindah) ke kota, berdampak pada masalah di perkotaan, mulai  masalah permukiman, lingkungan, pencemaran air dan udara, serta sampah," ujar Sumarno.

Karenanya, dia berharap, Muskomwil III Apeksi ini mampu melahirkan kebijakan-kebijakan untuk kemajuan organisasi dan pemerintah kota, sehingga berbagai persoalan di perkotaan ditemukan solusinya.

Selain itu, masalah pemukiman warga juga menjadi tantangan tersendiri. Sebab, perpindahan warga dari desa ke kota dengan area  yang relatif lebih sempit juga menjadi tantangan. 

Persoalan yang kerap muncul akibat padatnya penduduk itu meliputi drainase, penyediaan sumber air bersih, transportasi yang ramah lingkungan, dan sebagainya.

BACA JUGA:Usulkan Lagi Dana Kelurahan, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono Ikuti Rakor Apeksi

Sumarno menambahkan, hal lain yang tak kalah penting adalah upaya bersama memajukan ekonomi masyarakat. Selain itu, meningkatkan pendapatan asli daerah melalui berbagai potensi yang ada di kota masing-masing. 

Menurut dia, semua potensi yang ada harus dioptimalkan atau minimal dikejar agar masuk menjadi pendapatan asli daerah. 

"Mudah-mudahan Muskomwil ini bisa menghasilkan keputusan-keputusan yang dapat membawa kemajuan pemerintah kota,” imbuh dia. 

Sumber: