Optimis Rampung, Mall Pelayanan Publik Kota Tegal Bakal Dilaunching Akhir Bulan Ini

Optimis Rampung, Mall Pelayanan Publik Kota Tegal Bakal Dilaunching Akhir Bulan Ini

Progres pembangunan Mall Pelayanan Publik di Kota Tegal--

RADAR TEGAL - Keberadaan Mall Pelayanan Publik Kota Tegal direncanakan akan dilaunching pada 27 Desember 2023 ini. Itu, menyusul pembangunannya yang saat ini telah mencapai hampir 90 persen.

Rencananya, Mall Pelayanan Publik tersebut bakal diresmikan secara langsung Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono. Pembangunan bangunan 5 lantai itu, saat ini tengah dikebut untuk mencapai target.

Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tegal, Heru Prasetya mengatakan pembangunan Mall Pelayanan Publik menggunakan anggaran Rp 19,7 miliar. Pembangunan gedung 5 lantai itu, ditargetkan akan selesai dengan masa kerja 180 hari.

"Tentu kita optimis pembangunan akan selesai sesuai target, pekerjaan struktur sudah 97 persen. Sedangkan secara keseluruhan telah mencapai 50 persen,"katanya.

BACA JUGA:Pekalongan Kota Santri! Tujuan Umrah Dominasi Pemohon Paspor di MPP Kajen

Nantinya, kata Heru, Mall Pelayanan Publik itu akan dimanfaatkan tiga lantai lebih dulu. Sedangkan lantai empat dan lima, sementara masih berupa ruang kosong, karena memang belum terpasang plafon, instalasi serta kamar mandi.

"Pemanfaatan itu, mengingat anggaran yang dialokasikan. Yakni, hanya cukup untuk memenuhi pekerjaan di lantai satu hingga tiga,"ujarnya.

Heru mengungkapkan, dari total anggaran Rp19,7 Miliar, itu untuk menyempurnakan lantai 1-3. Kemudian lantai 4-5 tinggal melengkapi dengan plafon, instalasi dan kamar mandi.

Heru menambahkan, Mall Pelayanan Publik akan bersinergi dengan 39 instansi vertikal, BUMD, BUMN, pemerintah provinsi hingga swasta. Sedangkan untuk pelayanannya meliputi, KTP, paspor, perizinan dan lainnya di lantai satu dan dua. 

BACA JUGA:15 Instansi Buka Layanan di MPP Pemalang, Berikut Hari dan Jam Pelayanannya

"Sedangkan di lantai tiga, untuk kantor DPMPTSP. Serta lantai lima untuk ruang serba guna,”jelasnya.

Sementara Perwakilan Manajemen Konstruksi (MK) Muhamad Nur Farih mengatakan saat ini pembangunan Mall Pelayanan Publik tinggal pemasangan lift, jendela dan dinding. Targetnya, akan selesai pada Sabtu 9 Desember 2023 ini.

"Untuk instalasi sudah selesai 100 persen dan pekerjaan elektrikal 70 persen. Guna mengejar target, kami melibatkan 80 pekerja dengan jam kerja 08.00-22.00 WIB,"ujarnya. (*)

Sumber: