Jadi Tempat Para Dewa! Ini 6 Mitos Gunung Semeru yang Masih Dipercaya

Jadi Tempat Para Dewa! Ini 6 Mitos Gunung Semeru yang Masih Dipercaya

6 Mitos Gunung Semeru--

RADAR TEGAL - Masyarakat Jawa sangat tidak asing dengan yang namanya mitos, salah satunya pada Gunung Semeru. Setiap gunung pastinya mempunyai mitos di dalamnya.

Gunung dengan ketinggian 3.676 mdpl ini masih dipercaya sebagai tempat para dewa. Oleh karena itu banyak mitos pada Gunung Semeru.

Jika kamu penasaran mitos apa saja yang ada bisa simak artikel ini sampai akhir ya. Kami akan membagikan mitos Gunung Semeru yang dapat diketahui di sini.

Masih populer dan masih dipercaya, berikut mitos Gunung Semeru yang dapat kamu baca di bawah ini.

BACA JUGA: Bikin Merinding! Ini 4 Mitos Gunung Slamet Via Guci yang Katanya Bisa Belah Pulau Jawa, Benarkah?

Mitos Gunung Semeru

1. Mitos Penunnggu Ranu Kumbolo

Salah satu misteri Gunung Semeru yang paling populer adalah kisah penghuni Ranu Kumbolo. Misteri danau yang berada di ketinggian 2.389 mdpl.

Konon masyarakat setempat percaya keberadaan dewi dengan pakaian kebaya kuning di danau tersebut.

Para pengunjung dilarang mendirikan tenda dengan jarak 10 meter dari bibir danau. Bahkan pendaki jika dilarang mandi dan mencuci.

Di danau tersebut pengunjung juga dilarang menangkap ikan, apa pun jenisnya. Mitosnya, dewi kebaya kuning suka menjelma menjadi ikan emas besar yang bertugas menjaga wilayah tersebut. 

BACA JUGA:Mitos di Balik Indahnya Gunung Gajah Pemalang, dari Kerajaan Siluman hingga Kera Jelmaan Manusia

2. Dibawa Dewa Brahma dan Dewa Wisnu

Menurut kitab Tantu Panggelaran, mitosnya Gunung Semeru merupakan puncak Gunung Meru di India yang dibawa oleh Dewa Brahma dan Dewa Wisnu ke Tanah Jawa untuk dijadikan pasak bumi.

Sumber: