All New Toyota Rush Generasi ke-3 Hybrid Terbaru, Ini Cara Kerjanya!

All New Toyota Rush Generasi ke-3 Hybrid Terbaru, Ini Cara Kerjanya!

All New Toyota Rush--

4. Kolaborasi antara Mesin Bensin dan Mesin Listrik

Ketiga, apabila berkendara dalam mode kendaraan listrik, mobil hybrid tidak menghasilkan emisi gas buang. Hal tersebut dapat terjadi karena, saat berkendara dana mode EV (Electric Vehicle), mobil hybrid tidak menggunakan bahan bakar bensin. Hal tersebut yang menyebabkan mobil hybrid tidak menghasilkan emisi gas buang sama sekali

5. Pengereman Regeneratif

Selanjutnya, penghematan energi dari proses pengereman. Disaat melakukan pengereman atau memperlambat kecepatan mobil, energi yang dihasilkan dari pengereman akan dialihkan pada baterai. Sehingga baterai terisi dan dapat digunakan untuk berakselerasi dengan menyalakan motor listrik. Jadi, energi yang yang dihasilkan dari pengereman tidak terbuang begitu saja.

6. Toyota Hybrid System (THS)

Lalu, terdapat dua motor listrik dalam Toyota Hybrid System. Kedua motor listrik tersebut dapat menghasilkan tenaga untuk penggerak dan menghasilkan energi listrik. Ketika mobil bergerak pada kecepatan rendah, THS akan menyuplai energi listrik ke baterai dan mesin dapat berjalan dengan motor listrik.

Saat berakselerasi pada kecepatan tinggi, THS menghubungkan motor listrik dan mesin bensin, sehingga dapat mencapai tenaga yang besar untuk berakselerasi. Apabila pengisian baterai tidak mencukupi, mesin bensin secara otomatis memutar generator listrik untuk menghasilkan listrik (MG1) dan menggunakan listrik tersebut untuk menggerakan roda kendaraan.

Ketika deselerasi atau melambatkan kecepatan dalam berkendara, motor listrik menggunakan energi pengereman dan dapat menghasilkan listrik yang dapat disimpan dalam baterai.

7. Jenis Sistem Hybrid

Terakhir, terdapat tiga jenis Sistem Hybrid Fundamental:

  • Sistem Hybrid Series
  • Secara umum, pada sistem ini, listrik dihasilkan dengan menggunakan mesin bensin dan roda digerakkan dengan menggunakan motor listrik.
  • Sistem Hybrid Paralel
  • Pada sistem ini, ketika mesin berjalan pada RPM yang rendah, sistem hybrid paralel akan menggunakan motor listrik untuk menunjang mesin bensin dalam menggerakkan roda ketika output yang dihasilkan oleh mesin bensin lemah.
  • Sistem Hybrid Series-Paralel
  • Sistem ini merupakan gabungan antara motor listrik dan mesin bensin dalam menggerakkan roda kendaraan. Motor listrik dapat menggerakkan roda kendaraan dengan mengandalkan dari listrik yang dihasilkan dari baterai hybrid maupun mesin bensin. Sistem ini juga dapat mengontrol sumber daya ganda agar dapat menghemat energi secara optimal di segala kondisi berkendara.

BACA JUGA: Spesifikasi Toyota Land Cruiser 2023 dengan Interior Premium dan Harga Rp2,3 Miliar, Cek Selengkapnya!

Demikian penjelasan mengenai mesin Hybrid Toyota yang dapat Anda ketahui cara kerjanya. Semoga bermanfaat. (*)

 

Sumber: