6 Mitos Dunia yang Melegenda Berdasarkan Kisah Nyata, Cek Faktanya!

6 Mitos Dunia yang Melegenda Berdasarkan Kisah Nyata, Cek Faktanya!

Ilustrasi 6 mitos dunia yang melegenda.-(Foto: Tangkapan Layar/Freepik).-

RADAR TEGAL - Mengungkap 6 mitos dunia yang melegenda berdasarkan kisah nyata yang mengerikan. Cek faktanya.

Dengan mengetahui mitos dunia yang melegenda ini, akan menambah wawasan terkait dengan kekayaan budaya alam sekitar. Apa saja mitos dunia yang melegenda?

Mari ikuti dan telusuri ulasan yang telah kami rangkum, simak baik-baik ya.

Dalam dunia penuh misteri dan kisah-kisah menakutkan, banyak mitos terkenal yang ternyata memiliki akar dari kisah nyata yang menggetarkan. Bagaimana mitos-mitos ini terhubung dengan kejadian nyata dan mencari kebenaran di baliknya.

BACA JUGA:3 Fakta Terbantahnya Mitos Jembatan Penghubung Jawa dan Bali, Benarkah jika di Bangun Terjadi Tsunami?

Mitos dan legenda yang ada di dunia

1. Legenda Vampir Terinspirasi dari Penyakit TBC

Sebelum vampir menjadi sosok romantis dalam kisah cinta remaja, kisah vampir ternyata berasal dari dunia nyata pada abad ke-19. Ketika penyakit misterius, kemungkinan TBC, menyerang banyak keluarga, orang-orang pada waktu itu percaya bahwa makhluk gaib memberi makan kepada para korban.

Kejadian ini disebut sebagai vampir oleh masyarakat perkotaan, dan laporan surat kabar dari waktu itu mengonfirmasi kejadian tragis ini. Salah satu kasus terkenal adalah keluarga Brown di Rhode Island pada tahun 1892.

2. Kisah Mengerikan dari Danau Tengkorak India

Sebuah lagu dalam tradisi Himalaya mengisahkan kelompok orang asing yang mendaki gunung dan memicu kemarahan dewi gunung, yang melemparkan hujan es batu ke arah mereka. Pada tahun 1942, tentara Inggris menemukan lebih dari 200 kerangka manusia di Danau Roopkund, India.

Penelitian lebih lanjut mengungkap bahwa kerangka tersebut berasal dari sekitar 850 Masehi, yang kematiannya disebabkan oleh badai es, menginspirasi legenda tragis yang dikenal selama berabad-abad.

BACA JUGA:Misteri Mitos Relief Kamadhatu di Candi Borobudur yang Sengaja Ditimbun, Benarkah Menyimpan Propaganda?

3. Charlie No Face: Manusia Hijau yang Nyata

Legenda Charlie No Face dari Pennsylvania Barat ternyata memiliki akar sejarah yang nyata. Raymond Robinson, yang dikenal sebagai Manusia Hijau, mengalami kecelakaan mengerikan pada tahun 1918 yang merusak wajah dan tubuhnya.

Robinson hidup dengan kecacatan dan sering berkeliaran di malam hari karena malu dengan penampilannya. Legenda urban ini ternyata adalah cerminan dari kisah hidup nyata seorang pria yang mengalami tragedi dan menjadi bagian dari warisan lokal.

4. Monster of Ravenna

Legenda Monster of Ravenna pada awalnya muncul sebagai hasil dari penjajahan dan kerusakan kota pada tahun 1512. Apoteker Florentine pertama kali menyebut istilah "monster" setelah peristiwa tragis tersebut.

Ternyata, "monster" ini adalah manusia yang terlahir dengan cacat fisik parah, mungkin sindrom Roberts. Penggambaran yang menyeramkan ternyata berasal dari kurangnya pemahaman tentang kondisi medis pada masa lalu.

BACA JUGA:Mitos Panggung Sangga Buwana di Keraton Surakarta, Tempat Pertemuan Raja-Raja Solo dan Roro Kidul?

5. Legenda Ular Borneo yang Mengerikan

Legenda ular Borneo yang memakan anak manusia ternyata memiliki akar dalam sejarah perlawanan terhadap penjajahan Belanda. Kisah leluhur ini menceritakan kejadian di sebuah desa di Kalimantan yang kehilangan anak-anak mereka satu per satu.

Penelusuran kemudian mengungkapkan bahwa legenda ini mungkin terinspirasi oleh berbagai spesies ular di Kalimantan. Termasuk raja kobra dan ular sanca batik yang memiliki ukuran dan kemampuan yang menakutkan.

6. Pied Piper of Hamelin

Kisah Pied Piper of Hamelin mungkin lebih dari sekadar dongeng. Catatan sejarah dari tahun 1280-an mencatat keberadaan seorang tukang pipa yang menghilangkan anak-anak kota.

Pada 26 Juni 1284, kisah ini menjadi kenyataan dengan ditemukannya bukti fisik dan prasasti peringatan di Hamelin. Beberapa teori menyebutkan bahwa anak-anak itu mungkin terbunuh dalam tanah longsor atau menghadapi nasib lain, mengubah pandangan kita terhadap dongeng klasik ini.

Demikian mitos dunia yang melegenda berdasarkan kisah nyata yang telah kami rangkum, semoga bermanfaat. (*)

Sumber: