"PLN Peduli" Salurkan Bantuan Air Bersih di Kabupaten Pemalang

Penyerahan secara simbolis program bantuan air bersih dari “PLN Peduli” di Desa Payung Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang pada Selasa, 16 November 2023. (Foto: Istimewa)--

RADAR TEGAL - PLN Peduli melaksanakan program TJSL (Tanggung Jawab Sosial Lingkungan) berupa bantuan air bersih yang akan disalurkan kepada warga Kabupaten Pemalang yang terdampak kekeringan panjang, khususnya di 28 desa yang tersebar di 7 kecamatan.

Bantuan air bersih secara simbolis dilaksanakan di Desa Payung Kecamatan Bodeh pada Selasa, 16 November 2023 dengan disaksikan oleh Camat Bodeh, perangkat pemerintah setempat, perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pemalang dan tim PLN Peduli.

Camat Bodeh Drs. Mulyanto, MAP pada kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada PLN dan semua pihak yang telah membantu terlaksananya bantuan air bersih.

“Kami atas nama warga Desa Payung Kecamatan Bodeh sangat berterimakasih kepada berbagai pihak yang bersinergi memberikan bantuan air bersih ini terutama kepada PLN Peduli dan OPD BPBD disaat warga yang terdampak bencana kekeringan ini sangat mebutuhkan air bersih ternyata dengan sinergi ini bisa terpenuhi” ujar Mulyanto.

Manager PLN UP3 Tegal Aditya Darmawan dalam kesempatan terpisah mengatakan bantuan Air Bersih dari PLN Peduli ini adalah bentuk tanggungjawab sosial perusahaan terhadap masyarakat terdampak kekeringan di Kabupaten Pemalang terutama di 7 kecamatan yang mencakup 28 desa.

“Semoga bantuan air bersih ini bisa memberikan keberkahan dan membantu kecukupan akan kebutuhan air bagi rumah tangga warga terdampak kekeringan dan harapannya PLN akan semakin dekat dengan masyarakat dengan komitmen pelayanan terbaik, baik dalam bidang operasional ketenagalistrikan maupun di bidang tanggungjawab sosial dan lingkungan,” ungkap Aditya.

Sementara itu, Sub Koordinator Kedaruratan BPBD Pemalang Irwanto menjelaskan bantuan air bersih ini diprioritaskan di wilayah punggung dan wilayah tengah dengan jumlah 28 desa yang tersebar di7 kecamatan yaitu, Bodeh, Pulosari, Belik, Bantarbolang, Watukumpul, Warungpring dan Randudongkal.

“Wilayah punggung dan tengah memang sangat kami prioritaskan mendapatkan bantuan air bersih dikarenakan kondisi kekeringan yang sangat luas dengan kebutuhan sekitar 239 tangki air berkapasitas 5 ribu liter,” ujarnya.

Menurut Irwanto, program bantuan air bersih ini merupakan kolaborasi berbagai pihak dari Pemerintah Daerah melalui BPBD, Kecamatan sampai Desa dengan stakeholder salah satunya PLN Peduli,

“Kami mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan yang diberikan, semoga bisa menjalin hubungan yang lebih baik lagi dan yang terpenting warga masyarakat terbantu akan kebutuhan air bersih di masa kekeringan ini,” ucap Irwanto.

Bantuan air bersih ini nantinya akan diberikan secara bertahap mengingat beberapa titik desa di 7 kecamatan tersebut memiliki kesulitan jangkauan medan yang bervariasi yang mengharuskan pendistrubusiannya tidak dilakukan bersamaan.

“Untuk hari ini di salurkan sebanyak 2 mobil tangka kapasitas 5000 liter di Desa Payung,” pungkas Irwanto.

Sumber: