Kepala SMP/MTs Swasta di Kota Tegal Minta BOS Pendamping Dicairkan Tiap Tahun

Kepala SMP/MTs Swasta di Kota Tegal Minta BOS Pendamping Dicairkan Tiap Tahun

Audiensi Kepala SMP/MTs dengan Komisi I DPRD yang meminta pencairan BOS Pendamping tiap tahun--

RADAR TEGAL - Sejumlah Kepala SMP/MTs Swasta di Kota Tegal berharap agar Bantuan Operasional Sekolah yang bersumber dari APBD Kota Tegal (BOS Pendamping) dapat dicairkan setiap tahun. Sebab, lembaga pendidikan lainnya seperti TK, PAUD dan PKBM mendapatkan bantuan operasional setiap tahun meskipun swasta.

Itu, mereka sampaikan saat beraudiensi dengan Komisi I DPRD Kota Tegal, Senin 13 November 2023 siang. Audiensi dipimpin langsung Ketua Komisi I Edy Suripno dan didampingi anggota DPRD lainnya.

Salah satu perwakilan Kepala Sekolah Miftachudin mengatakan pihaknya berharap BOS pendamping dapat diberikan setiap tahun. Karena TK, PAUD dan PKBM memperoleh operasional setiap tahun walaupun swasta.

"Kami berharap agar BOS pendamping bisa dicairkan setiap tahun. Karenanya, kami meminta agar itu dicairkan tidak lewat jalur hibah agar tiap tahun bisa cair,"katanya.

BACA JUGA:Dinas Dikbud Kabupaten Tegal Berlakukan Kebijakan Baru Pengelolaan Dana BOS

Selain itu, kata Miftachudin, pihaknya berharap agar jumlah yang diterima sesuai dengan proposal yang diajukan. Jadi, misalnya pengajuan 100 siswa, maka cairnya sebanyak itu.

"Kami juga meminta dukungan mengenai sarpras. Hal itu untuk menunjang kegiatan ANBK dan sebagainya,"tandasnya. 

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi I DPRD Edy Suripno mengatakan pencairan BOS Pendamping sudah diatur melalui peraturan Walikota (Perwal). Selain itu, juga melihat kemampuan keuangan daerah.

"Terkait BOS pendamping di 2024 sudah dianggarkan. Kalau meminta untuk dicairkan tiap tahun terbentur perwal dan kita harus menyadari kemampuan keuangan daerah,"ujarnya.

Sementara, kata Edy Suripno, terkait usulan kenaikan di 2025 akan diduskusikan lebih dulu. Sebelum pembahasan di Juli 2024 bisa audiensi kembali untuk KUA PPAS 2025. (*)

Sumber: