Mencicipi Buah Durian Lokal Kalijurang Brebes, Manis Legit dengan Harga Ramah Ekonomi Sulit

Mencicipi Buah Durian Lokal Kalijurang Brebes, Manis Legit dengan Harga Ramah Ekonomi Sulit

PANEN DURIAN- Penggemar buah durian dapat menikmati langsung buah durian yang baru dipetik seiring dengan datangnya musim panen tahun ini.-TEGUH SUPRIYANTO-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Buah durian menjadi salah satu buah musiman yang punya banyak penggemar. Buah durian lokal Kalijurang, Brebes menjadi salah satu varian yang layak untuk kita cicipi.

Seperti apa rasanya? Mardiyanto, salah seorang penggemar buah durian dari Kecamatan Paguyangan, mengaku puas dengan cita rasa buah durian lokal Desa Kalijurang ini yang manis legit. Dia mengaku, jika sebelumnya harus berburu hingga wilayah Kabupaten Banyumas, untuk menikmati buah kesukaannya tersebut.

"Rasa manis dengan sedikit sensasi pahit, menjadikan durian lokal dari Kalijurang ini layak untuk dinikmati. Terlebih harganya juga terjangkau, dibanding dengan jenis durian lainnya," ucap Mardiyanto, Sabtu 11 November 2023.  

Buah durian yang ditanam warga Desa Kalijurang merupakan durian lokal. Meskipun kulitnya hijau, buah di dalamnya berwarna kuning dan matang dengan harga yang ditawarkan relatif lebih murah atau ramah ekonomi sulit dibanding jenis lainnya.

BACA JUGA:Menikmati Legitnya Durian Desa Wisata Durensari Trenggalek, Berikut Waktu Terbaik Berkunjung

"Petani di sini memanen durian selalu menunggu sampai matang di pohon, sehingga untuk rasanya dan tingkat kematangan secara alami. Untuk jenis durian super yang dimiliki yakni durian mentega, dengan rasa manis dan sedikit sensasi pahit," terang Tawil, petani durian di Dukuh Kalijambu RT 01 RW 01 Desa Kalijurang.

Menurutnya, panen durian tahun ini bagi sejumlah petani di wilayah Desa Kalijurang Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes, dapat menjadi penghibur setelah tahun lalu mereka mengalami gagal panen akibat tingginya curah hujan. Sejak awal bulan November ini, petani dan pemilik pohon durian di sana, mulai disibukan untuk memetik buah durian dari kebunnya.

Diakuinya, jika panen buah durian tahun ini bisa dibilang melimpah setelah sebelumnya gagal panen.

"Sekarang sudah mulai panen. Selain sudah usia petik, pohon durian yang masih di pohon juga masih banyak banyak untuk pembesaran," ungkapnya.

BACA JUGA:Kampung Unik Desa Ngropoh Temanggung, Warga Hidup Makmur Sejahtera, Hasilkan 125 Ton Durian Setiap Tahun

Dengan kondisi tersebut, Tawil memperkirakan jika musim panen buah durian tahun ini bisa lebih panjang. Mengingat juga terdapat pohon yang masih berbunga dan diperkirakan akan sampai pada masa petik pada awal tahun nanti.

"Lebih banyak, diperkirakan hingga pertengahan bulan Januari nanti masih bisa memanen durian," kata Tawil.

Di rumahnya yang sekaligus dijadikan sebagai tempat aktivitas perdagangannya, sudah mulai terlihat buah durian yang siap dipasarkan. Setiap pagi dan menjelang sore, beberapa anggota keluarga yang bertugas untuk memetik durian, datang untuk menyetorkan hasil panen.

"Saya menjual langsung ke pembeli yang datang, atau para penjual untuk kembali dipasarkan di pinggir jalan utama Bumiayu," kata Tawil.

Sumber: