Kasus Cacar Monyet Mulai Merebak, Catat Gejala dan Cara Penularannya di Sini!

Kasus Cacar Monyet Mulai Merebak, Catat Gejala dan Cara Penularannya di Sini!

Ilustrasi cacar monyet-Tangkapan Layar-

Mengutip dari berbagai Radarcirebon.disway.id, virus monkeypox menyebar melalui hewan yang sudah terinfeksi, terutama monyet dan hewan pengerat (rodent). Sebagian besar penularan cacar monyet juga terjadi melalui kontak kulit-ke-kulit yang dekat dengan individu yang memiliki lesi akibat virus.

Masa inkubasi virus monkeypox, yaitu periode dari infeksi hingga munculnya gejala. Biasanya berkisar antara 6-16 hari, meskipun bisa memakan waktu 5-21 hari.

Gejala kasus cacar monyet

1. Demam

2. Sakit kepala yang terkadang bisa sangat parah

3. Nyeri otot

4. Sakit punggung

5. Pembengkakan kelenjar getah bening (limfadenopati) yang biasanya terasa di leher, ketiak, atau selangkangan

6. Rasa panas dingin

7. Kelelahan

Fase erupsi terjadi sekitar 1-3 hari (kadang-kadang lebih lama) setelah fase prodromal. Pada fase erupsi, ruam atau lesi kulit muncul, biasanya dimulai dari wajah dan secara bertahap menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Lesi ini awalnya berbentuk bintik merah seperti cacar (maculopapular), kemudian berkembang menjadi lepuhan yang berisi cairan bening atau nanah, yang akhirnya mengeras atau membentuk keropeng sebelum rontok.

Gejala cacar monyet biasanya berlangsung selama 2-4 minggu sebelum lesi menghilang dan rontok. Monkeypox adalah jenis penyakit yang bisa sembuh sendiri, dan saat ini belum ada pengobatan khusus yang tersedia.

Cara penularan virus cacar monyet 

1. Kontak Langsung dengan Hewan Terinfeksi, hal ini bisa melibatkan cakaran atau gigitan hewan yang sudah terinfeksi virus monkeypox.

Sumber: