Bangun Quality Time Orang Tua dan Anak, Ini yang Dilakukan TK Aisyiyah Kota Tegal

Bangun Quality Time Orang Tua dan Anak, Ini yang Dilakukan TK Aisyiyah Kota Tegal

Siswa TK Aisyiyah 1 Kota Tegal memperoleh hadiah sepeda dalam kegiatan jalan sehat untuk quality time orang tua dan anak--

RADAR TEGAL - Cara yang berbeda untuk membangun quality time atau kebersamaan antara orang tua dan anak dilakukan salah satu Taman Kanak-kanak (TK) di Kota Tegal. Mereka membuat kegiatan jalan sehat dan bazar dengan melibatkan sejumlah pihak.

Melalui kegiatan itu, sekolah berharap orang tua melepas kesibukan untuk bisa menciptakan quality time dengan anak. Selain itu, kegiatan tersebut juga untuk membangun 

Kepala TK Aisyiyah 1 Kota Tegal Siti Mutmainah mengatakan selain peringatan HUT sekolah, kegiatan jalan sehat dan bazar juga untuk mengeratkan hubungan keluarga. Sehingga, akan tercipta quality time antara anak dan orang tua.

"Saat ini orang tua mengeluh kenapa anak lebih cenderung main HP. Padahal itu, bisa jadi karena pola asuh kita yang kurang tepat. Ketika sibuk dikasih handphone,"katanya.

BACA JUGA:30 Persen Anak-anak Belum Terlayani Pendidikan Anak Usia Dini, Walikota Tegal Bilang Begini

Dengan kegiatan itu, kata Siti Mutmainah, anak-anak berjalan bersama dengan orang tua yang biasanya sibuk sehari-hari. Anak-anak juga tidak menggunakan HP saat melakukan kegiatan tersebut.

"Kegiatan ini bisa menjadi salah satu solusi agar terbangun quality time. Karena sebenarnya anak-anak itu, ketika orang tua fokus mengurus anak-anak maka tidak akan mengalihkan perhatian ke hal lain seperti HP,"jelasnya.

Selain itu, ujar Siti Mutmainah, melalui kegiatan ini pihaknya juga memberikan contoh bagaimana orang tua membangun kebersamaan bersama anak-anak. Apalagi, tantangan zaman saat ini semakin maju, sehingga orang tua harus berkomunikasi dengan anak. 

"Hal itu, agar anak-anak tidak tertutup, ketika ada masalah maka curhatnya ke orang tua bukan kepada yang lain. Agar orang tua bisa tahu perkembangan anaknya,"jelasnya.

BACA JUGA:Buka Akses Pendidikan hingga Pelosok, Ganjar Resmikan SMK di Area Hutan Lumbir Banyumas

Menurut Siti Mutmainah, kegiatan tersebut juga untuk menguatkan trilogi pendidikan. Yakni sekolah, orang tua dan lingkungan.

"Alhamdulillah, acara sukses dengan berbagai doorprize dari sumbangan orang tua, alumni dan sponsor. Saat kegiatan kita juga mengundang pihak kelurahan pemerintah, yayasan sebagai bentuk laporan dengan tindakan ril,"tandasnya.

Tujuan berikutnya, yakni membangun branding sekolah yang merupakan salah satu pioner pendidikan dini. Karena TK Aisyiyah 1 Kota Tegal ternyata sudah ada 95 tahun.

"Usianya hampir sama dengan peringatan sumpah pemuda. Sehingga, melalui kegiatan ini mengingatkan agar lebih bisa menunjukan eksistensi guna meningkatkan pendidikan nasional,"ujarnya.

Sumber: