Cuaca Laut Pemalang Tak Menentu, Satpolairud Imbau Nelayan Lengkapi Peralatan Keselamatan Melautnya

Cuaca Laut Pemalang Tak Menentu, Satpolairud Imbau Nelayan Lengkapi Peralatan Keselamatan Melautnya

Polairud Pemalang mengadakan patroli menyikapi cuaca laut yang sedang tak menentu.-M Ridwan-

RADAR TEGAL - Informasi cuaca laut Pemalang yang sedang tak menentu direspon cepat Satpolairud Polres Pemalang. Salah satunya dengan mengeluarkan seruan kepada nelayan untuk melengkapi peralatan sebelum berangkat melaut.

Selain itu, Satpolairud juga meningkatkan kegiatan patroli untuk memantau keselamatan berlayar kapal nelayan yang beroperasi di perairan Kabupaten Pemalang. Harapannya nelayan tetap aman dan selamat selama beraktivitas di laut Pemalang dengan kondisi cuaca yang tak menentu.

Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya melalui Kasat Polairud AKP Heru Irawan mengatakan, personelnya mengingatkan para nelayan, untuk membawa sarana keselamatan berlayar saat bekerja di laut.

“Dikarenakan kondisi cuaca pada saat ini yang tidak menentu, maka kesiapan sarana keselamatan berlayar, seperti life jacket, ring buoy dan alat P3K, sangat diperlukan keberadaanya,” kata Kasat Polairud.

BACA JUGA:Dai Kondang KH Anwar Zahid Terpukau Dengar Ceramah 2 Bocah Pemalang saat Pengajian Loning Bersholawat

Heru tak menampik bila masih terdapat beberapa nelayan yang belum melengkapi sarana keselamatan berlayar di atas kapal, seperti life jacket.

“Kami meminta para nelayan tersebut, agar kedepan melengkapi kapalnya dengan life jacket sebelum berangkat melaut,” katanya.

Begitu juga dengan dokumen kapal, Kasat Polairud mengatakan, dirinya bersama personel melakukan pemeriksaan pada setiap kapal nelayan yang disambangi. 

“Pada kesempatan yang sama, kami juga melakukan pemeriksaan dokumen kapal, serta memeriksa body serta mesin kapal nelayan,” kata Heru.

BACA JUGA:HEBAT! Warga Sambeng Pemalang Swadaya Bangun Masjid Senilai 2,8 Miliar

Saat gelaran patroli, Kasat Polairud mengatakan, kondisi cuaca dan angin terpantau masih tenang.

“Meski cuaca terlihat tenang, nelayan diimbau tetap wasapada, karena kondisinya dapat berubah sewaktu-waktu,” kata dia. (*)

Sumber: