Bela Palestina, Warga di Tegal Gelar Aksi Longmarch dan Pengumpulan Dana

Bela Palestina, Warga di Tegal Gelar Aksi Longmarch dan Pengumpulan Dana

Aksi bela Palestina di Kota Tegal--

RADAR TEGAL - Ratusan warga yang tergabung dalam Forum Umat Islam Peduli (FUIP) menggelar aksi bela Palestina, Jumat 27 Oktober 2023 siang. Dalam aksinya, mereka menggelar orasi di dua tempat, yakni Masjid Agung dan Gedung DPRD Kota Tegal.

Selain itu, mereka juga melakukan aksi longmarch, pengumpulan donasi hingga mendoakan rakyat Palestina. Aksi bela Palestina diakhiri dengan pernyataan sikap yang mereka bacakan di depan gedung DPRD Kota Tegal.

Sedikitnya, ada 7 tuntutan dan imbauan yang dibacakan ketua FUIP. Mereka mengecam tindakan Israel terhadap rakyat Palestina dan meminta PBB untuk menyudahi perang di sana.

Selain itu, mereka juga meminta Pemerintah Indonesia untuk mengambil sikap dan mempersiapkan melakukan operasi kemanusiaan. Bahkan, mereka juga meminta kepada umat muslim untuk mendoakan warga Palestina sebagai wujud aksi bela Palestina.

Baca Juga: Aksi Bela Palestina, Warga Tegal Gelar Longmarch dan Orasi Besok

Ketua FUIP Basuki Siswoyo mengatakan pihaknya menggelar aksi bela Palestina, karena sebagai seorang muslim yang punya hati nurani untuk bersama-sama merasakan penderitaan rakyat di Gaza. Masyarakat yang ikut dalam aksi tersebut berasal dari wilayah Kota dan Kabupaten Tegal serta Brebes.

"Hari ini murni untuk rakyat Palestina sehingga tidak ada yang membawa kepentingan tertentu. Hanya satu, saudara sesama kaum muslim,"ujarnya.

Menurut Basuki, selain kegiatan orasi dan pernyataan sikap, pihaknya juga melakukan aksi penggalangan dana. Uang yang terkumpul, akan dikirimkan ke otoritas Palestina melalui pengelola rumah sakit Mercy.

Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Habib Ali Zaenal Abidin saat menemui massa mengatakan pihaknya mendukung apa yang dilakukan oleh masyarakat. Harapannya, apa yang menjadi keinginan bisa segera terwujud.

BACA JUGA:Gara-gara Donasi Rp14 Miliar ke Palestina, Akun Medsos Ustaz Adi Hidayat Diblokir Google

"Kami menerima aspirasi ini dan akan kami sampaikan kepada pimpinan. Semoga, apa yang menjadi keinginan kita semua bisa terkabul,"ujarnya. (*)

Sumber: