Asyik! Bantuan Modal Usaha untuk 150 Mustahik Produktif Pekalongan Batang Kendal Cair

Asyik! Bantuan Modal Usaha untuk 150 Mustahik Produktif Pekalongan Batang Kendal Cair

Pj Gubernur Jateng menyerahkan bantuan modal usaha untuk mustakhik di Pekalongan Batang Kendal.-Humas Pemprov Jateng-

BACA JUGA:741 Warga Miskin Jateng Terima Bantuan Modal Usaha Produktif

Pada 2023, target penyaluran modal usaha produktif dari Baznas Jateng adalah 3.000 mustahik. Program itu direncanakan akan dilanjutkan pada tahun 2024 mendatang. 

“Saya juga akan mengajak instansi terkait dan perusahaan melalui CSR untuk memiliki empati dan membantu masyarakat yang masih masuk kategori miskin," katanya.

Sementara itu, Ketua Baznas Jateng, Ahmad Daroji menyatakan, bantuan modal usaha produktif untuk mustahik ini merupakan bentuk keseriusan Baznas Jateng dalam upaya penanggulangan kemiskinan. 

Melalui program itu, Baznas bertekad untuk mengubah para mustahik ini kelak menjadi muzakki (pemberi zakat).

BACA JUGA:Warga Disabilitas dan Lansia Kabupaten Tegal Dapat Bantuan Modal dan Pemenuhan Hidup Layak

"Mudah-mudahan tujuan kami ini berhasil. Maka kami berikan pelatihan kerja dan modal usaha produktif. Pendampingan kami lakukan melalui penyuluh agama tingkat kecamatan. Mereka dekat dengan penerima sehingga monitoring dapat berjalan baik," kata Daroji.

Beberapa bidang usaha yang dilakukan para penerima bantuan itu meliputi kuliner, toko kelontong, laundry, konveksi, jasa bengkel, pertanian, perikanan, dan peternakan. 

"Ke depan kami akan memberikan penghargaan khusus kepada para mustahik yang sudah berhasil menjadi muzakki," pungkasnya. (*)

Sumber: