Terjerat Utang Pinjol? Begini 8 Tips Jitu dan Ampuh untuk Melunasinya

Terjerat Utang Pinjol? Begini 8 Tips Jitu dan Ampuh untuk Melunasinya

Tips Ampuh Melunasi Utang Pinjol | Foto: Kini Blog--

RADAR TEGAL - Pinjaman online atau pinjol, kini sedang marak di masyarakat Indonesia. Berikut ini terdapat beberapa cara melunasi utang pinjol yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda.

Tahukah Anda bahwa melunasi utang pinjol merupakan langkah penting guna menghindari akumulasi bunga tambahan, biaya keterlambatan, atau risiko lainnya yang mungkin bisa timbul akibat tunggakan pembayaran.

Lalu, bagaimana cara melunasi utang  pinjol? Melansir dari Bisnis.tempo.co, berikut penjelasannya.

8 Cara Melunasi Utang Pinjol

1. Hitung jumlah utang

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan yakni pastikan Anda mempunyai pemahaman jelas mengenai jumlah utang Anda. Hal tersebut sudah termasuk dengan jumlah pokok pinjaman dan bunga yang harus Anda bayar.

BACA JUGA: 6 Penyebab yang Bisa Membuat Keringanan Hutang Pinjol Dicabut, Jangan Berani Curang!

Anda juga bisa mengecek saldo utang Anda pada situs web ataupun aplikasi pinjol atau bisa menghubungi layanan pelanggan pinjol Anda supaya bisa mendapatkan informasi yang lebih akurat.

Dengan membuat anggaran keuangan yang rinci, hal tersebut bisa memastikan Anda dalam memiliki rencana pembayaran yang terstruktur. Anda juga perlu mempriorotaskan pembayaran utang pinjol sebagai bagian utama dari anggaran Anda.

3. Hibungi pihak pinjol

Apabila Anda mengalami kesulitan dalam melakukan pembayaran, maka jangan ragu untuk menghubungi penyelenggara pinjol Anda, ya.

4. Lakukan pembayaran minimum

Apabila Anda tidak bisa melunasi seluruh utang sekaligus, maka lakukanlah setidaknya pembayaran minimum yang diperlukan sesuai dengan perjanjian Anda dengan pihak pinjol.

Dengan cara ini, akan membantu Anda dalam mencegah penumpukan tunggakan dan bunga yang lebih tinggi.

BACA JUGA: 3 Orang Ini Akan DC Lapangan Pinjol Datangi Ketika Kamu Kabur Dari Mereka, Awas Nanti Malu Sendiri

5. Hindari gali lubang utup lubang

Kebanyakan orang yang terjerat pinjol berpikir bahwa satu-satunya solusi untuk mengatasi tagihan yang belum dibayar yakni dengan melakukan pinjaman kembali pada pihak yang berbeda. Namun kenyataannya,langkah tersebut tidak efektif dan justru bisa merugikan Anda untuk ke depannya.

Hal ini karena, jumlah utang Anda akan terus bertambah dengan adanya beragam tingkat bunga yang berbeda-beda.  Oleh karena itu, daripada Anda menambah utang melalui aplikasi lain.

Maka lebih baik mempertimbangkan cara untuk bisa meningkatkan pendapatan Anda bisa dengan cara menjual aset ataupun barang elektronik.

6. Pilih gaya hidup hemat

Tahukah Anda bahwa untuk  bisa terbebas dari utang pinjol, maka pendekatan terbaik yang bisa Anda lakukan yakni dengan hidup hemat dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.

Meskipun tidak semua pengeluaran bisa Anda kurangi, Anda bisa mengambil keputusan bijak dalam hal ini. Misalnya saja tidak perlu maka diluar, memasak sendiri, tidak membeli baju baju, dan hal-hal lainnya yang tidak terlalu penting.

BACA JUGA: 7 Cara Agar DC Pinjol Tak Mampir Nagih ke Rumah, Dijamin Ampuh dan Aman dari Teror Penagih Utang

7. Perpanjang tenor pinjaman

Beberapa layanan pinjol mungkin menawarkan opsi perpanjangan tenor pinjaman. Nah, hal tersbeut bisa membantu Anda dalam mengurangi jumlah pembayaran bulanan, meskipun bunga yang harus Anda bayar mungkin akan bertambah.

Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan dengan hati-hati sbelum memutuskan untuk melakukan perpanjangan, ya.

8. Mencari sumber dana tambahan

Apabila keadaan Anda memungkinkan, maka carilah sumber dana tambahan untuk isa membantu melunasi utang lebih cepat.

Hal ini sudah termasuk dengan menggunkaan tabungan darurat, menjual barang yang tidak diperlukan lagi, ataupun mencari pekerjaan sampingan.

Demikian ulasan mengenai tips melunasi utang pinjol. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: